Friday , November 16 2018
Home / Destinasi / VITO Country Managers Meeting Hasilkan Tiga Keputusan Penting

VITO Country Managers Meeting Hasilkan Tiga Keputusan Penting

VITO Country Managers Meeting yang di gelar di Bali menghasilkan tiga keputusan penting. Foto:IG

JELAJAH NUSA – VITO Country Managers Meeting 2018 yang berlangsung di Sofitel Nusa Dua Bali pada tanggal 25-26 Oktober 2018 telah memberikan highlight pada tiga hal yaitu 10 Destinasi Prioritas dan 10 Destinasi Branding, Tourism Crisis Management and Communication atau Manajemen Krisis Kepariwisataan, dan Lombok Bangkit.

VITO Country Managers Meeting sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan mengundang perwakilan Wonderful Indonesia dari berbagai pasar wisman yang disebut VITO (Visit Indonesia Tourism Officer).

Dalam kesimpulan yang dibacakan oleh Plt. Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata I Ni Wayan Giri Adnyani pada Jumat (26/10/2018) ditekankan bahwa walaupun Kemenpar sedang mengembangkan 10 Destinasi Prioritas, namun tetap harus mempromosikan 10 Destinasi Branding yang faktor 3A-nya (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) sudah siap. Para VITO diharapkan telah memiliki pengetahuan luas mengenai destinasi-destinasi ini.

Dalam rapat ini disoroti juga pentingnya Tourism Crisis Management atau Manajemen Krisis Kepariwisataan. Pariwisata sebagai core economy Indonesia karena itu sangat penting untuk meyakinkan para wisatawan bahwa Indonesia aman.

“Dengan semakin banyak yang terjadi (bencana alam, dsb), Kemenpar siap memenangkan hati para wisatawan melalui Tourism Crisis Management and Communication,” kata Ni Wayan Giri.

Sebagaimana yang diketahui, Kemenpar memiliki Tim Manajemen Krisis Kepariwisataan atau Tim Crisis Center (TCC) yang telah turun langsung dalam penanganan wisatawan dalam beberapa bencana alam yang terjadi pada tahun 2018 yaitu meletusnya Gunung Agung dan Gempa Lombok.

Ni Wayan Giri mengapresiasi Tim Crisis Center bersama VITO yang selama ini telah sangat aktif dan responsif dalam menjaga sentiment positif mengenai Indonesia.

Ketiga, para VITO akan diajak post tour ke Lombok agar merasakan pengalaman langsung untuk menggaungkan Lombok Bangkit. VITO diharapkan dapat mempercepat recovery Lombok dengan menyebarkan berita positif di negara masing-masing.

VITO dengan Kemenpar akan bersama mengimplementasikan grand strategi untuk mengejar 20 juta wisman yang terbagi dalam tiga strategi yaitu Ordinary Strategy (Branding, Advertising, Selling); Extra Ordinary Strategy (Incentives Access, Hotdeals, Competing Destination Model); dan Super Extra Ordinary Strategy (Border Tourism, Tourism Hub, Low Cost Terminal).

Menpar Arief Yahya menyampaikan tiga strategi dalam mengejar target 20 juta kunjungan yaitu Incentive Airlines/Wholeselers, Hot Deals, dan CDM (Competing Destination Model). Menpar Arief juga mengharapkan para VITO sudah dapat merumuskan top-3 dan top-5 program andalannya di 2019.

“Saya harapkan VITO sudah dapat merumuskan top-3 ataupun top-5 program andalan yang bersifat prioritas untuk tahun 2019, lengkap dengan target dan kebutuhan anggaran yang diperlukan,” kata Menpar Arief Yahya.

Dalam hari pertama juga telah dirumuskan mengenai lima program yang dibahas yaitu Cash Incentive, Joint Promotion dengan Airlines/Wholesellers, Hot Deals, Tourism Hub, dan Border Tourism.

Untuk Hot Deals, para VITO diharapkan dapat memamfaatkan peluang ini yang disesuaikan dengan preferensi pasar. Untuk tourism hub, diperlukan diskusi lebih lanjut yang fokus untuk menjaga branding di pasar wisman agar sesuai dengan strategi utama Kemenpar.

Pada Incentive Airlines/Wholesalers, diperlukan pengembangan bentuk insentif yang lebih baik. VITO diharapkan dapat memulai komunikasi dengan airlines/wholesalers, mengindentifikasi potensinya, dengan tetap dalam koordinasi Kemenpar. Yang terakhir, untuk border tourism, diperlukan promosi yang lebih massif terkait semua event cross border.

(adh)

Check Also

Ini Moment Tepat Owner Hotel Ikut Anugerah PHRI 2018

JELAJAH NUSA – Pemerintahan telah mencanangkan bahwa industri pariwisata diproyeksikan menjadi lokomotif ungulan penggerak ekonomi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id