Saturday , September 22 2018
Home / Destinasi / Tomohon International Flower Festival 2018 Digelar

Tomohon International Flower Festival 2018 Digelar

Pembukaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (9/7/2018) di warnai kemeriahan penampilan arttis ibukota. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Sulawesi Utara (Sulut) kembali menggelar even Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018. Even ini  diharapkan mampu semakin mendongkrak kinerja sektor pariwisata Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sekaligus mempromosikan wilayah itu sebagai destinasi wisata favorit.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya  mengatakan tahun lalu jumlah wisatawan mancanegara ke Tomohon naik tiga kali lipat menjadi 90.000 orang, untuk sebuah kota kecil angka tersebut dinilai besar sekali.

“Di Sumatera saja jumlah wismannya hanya 100.000 orang, Tomohon harus bangga, jumlah wismannya besar,” kata Menpar saat membuka secara resmi
TIFF 2018 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (9/7).

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Wali Kota Tomohon  Jimmy F Eman dan Wakil Wali Kota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan saat memberikan keterangan pers kepada awak media terhadap pelaksanaan TIFF 2018. Foto:IG

Oleh karena itu, ia mengapresiasi diselenggarakannya TIFF 2018 yang diharapkan akan semakin mempromosikan Kota Tomohon sebagai pusat industri bunga terbesar di Indonesia di samping tujuan wisata lingkungan, ekoturisme, dan agroturisme.

“Penyelenggaraan TIFF sudah memasuki tahun ke-8 dan pesertanya terus bertambah. Kita harapkan ke depan festival bunga ini akan semakin banyak menarik peserta dari mancanegara,” kata Arief.

Ia menambahkan, TIFF 2018 masuk dalam 100 Wonderful Events Indonesia 2018 dan memiliki kualitas standar nasional dengan “benchmarking” festival bunga internasional Pasadena, Amerika Serikat.

Tarihan perang adat khas Sulawesi Utara (Sulut) yang turut tampil dalam pembukaaan TIFF 2018. Foto:IG

“Sulut mempunya dua event pariwisata yang masuk dalam 100 Wonderful Events Indonesia 2018 yakni Festival Pesona Bunaken dan TIFF,” katanya.

Kedua event ini diharapkan mampu mendongkrak sektor pariwisata dan kunjungan wisatawan ke Sulut yang ditargetkan mencapai 150.000 wisman dan 90.000 wisatawan berkunjung ke Tomohon.

Tahun lalu Kota Tomohon banyak dikunjungi wisatawan asal Tiongkok karena banyaknya penerbangan charter dari kota-kota besar di Tiongkok langsung ke Bandara Sam Ratulangi.

Seremoni pembukaan Pembukaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (9/7/2018). Foto:IG

Sementara itu, Wali Kota Tomohon  Jimmy F Eman, mengatakan, sejalan dengan program pemerintah, pihaknya bersyukur dan berterima kasih serta mengapresiasi pihak Kementerian Pariwisata, karena Tomohon International Flower Festival begitu mudah masuk 100 Wonderful Events Indonesia 2018.

“Diharapkan event bertaraf internasional ini bisa efektif dalam mempromosikan Kota Tomohon dan menjadikan Tomohon sebagai tujuan destinasi wisata mancanegara,” kata Eman didampingi Wakil Wali Kota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan.

Dengan mengenakan topi adat khas Sulawesi Utara, Menteri Pariwisata Arief Yahya memaparkan beberapa potensi wisata di Sulawesi Utara. Foto:IG

Ia menambahkan, TIFF membuat Tomohon semakin terkenal, sehingga bisa menyedot jumlah kunjungan wisatawan baik dari dalam dan luar negeri.

Setelah konferensi pers dilakukan peluncuran TIFF 2018 oleh Menteri Pariwisata RI didampingi Wali Kota Tomohon serta jajaran.

Tampak hadir, Ketua Panitia TIFF  2018 Coreta L Kapojos, Wakil Wali Kota Tomohon Syerly A sompotan dan jajaran Pemkot Tomohon, Kadis Pariwisata Provinsi Sulut, serta para undangan.

TIFF 2018 mengangkat tema Beautiful Tomohon untuk mempromosikan pesona alam di wilayah Tomohon.

Rangkaian acara TIFF 2018 meliputi Tournament of Flowers (Flower Parade) dan Flower Fashion Carnival yang akan berlangsung di Jalan Protokol Kota Tomohon pada 8 Agustus 2017.

Selain itu akan digelar pula Pameran Tourism, Trade, Investment, and Floriculture Expo serta Pagelaran Seni dan Budaya Nusantara di Panggung Pameran Stadion Babe Palar Tomohon pada 7-12 Agustus 2018.

(adh/ant)

Check Also

Kemenpar Raih The Best Ministry Of Tourism Di Thailand

JELAJAH NUSA – Sebuah prestasi gemilang diraih kementerian pariwisata dibawah komando Arief Yahya dengan berhasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id