Saturday , December 15 2018
Home / Destinasi / Sumbangsih Industri Pariwisata Untuk Korban Gempa

Sumbangsih Industri Pariwisata Untuk Korban Gempa

Waterpark Teejay di Tasikmalaya ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Baik dari Tasikmalaya sendiri maupun luar daerah seperti Bandung,Cirebon,Jakarta, Bekasi dan daerah sekitarnya. Foto:Dok

JELAJAH NUSA – Semua anak bangsa sedang berduka atas bencana gempa dan tsunami yang meluluhlantakkan wilayah Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) lalu. Tak terkecuali di kalangan industri pariwisata. Banyak cara dilakukan untuk turut berempati terhadap korban bencana di Palu.

Atas nama kemanusiaan, berbagai upaya penghimpunan bantuan juga digelar secara swadaya hampir di seluruh daerah untuk sedikit meringankan penderitaan para korban.

Perusahaan Daerah (PD) Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) Purbalingga, Jawa Tengah,misalnya, turut menggelar aksi peduli terhadap korban bencana di Palu dan Donggala.

Wujud kepedulian itu dituangkan dengan menyumbangkan seluruh hasil pendapatan tiket masuk Owabong Family Park, Sanggaluri Park dan Owabong Cottage.

“Kami secara spontan akan menyumbangkan pendapatan seluruh tiket masuk terhitung mulai tanggal 1-5 Oktober 2018,” kata Direktur PD Owabong, Drs Hartono, Rabu (3/10/2018).

Jadi secara tidak langsung, menurut Hartono, pengunjung yang datang berekreasi ke Owabong juga dapat sekaligus berdonasi untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Hartono merinci, saat ini harga tiket masuk Owabong yakni Rp 20.000 untuk hari kerja dan Rp 30.000 untuk akhir pekan.

Sementara tiket Sanggaluri Park yakni Rp 15.000 untuk hari kerja dan Rp 20.000 untuk akhir pekan. Di Owabong, selain menikmati segarnya kolam dengan air pegunungan, pengunjung juga disuguhi banyak sekali wahana. Diantaranya waterboom, kolam bebas tsunami, kolam busa, dan komplek Coralia.

Sedangkan di Sanggaluri Park, pengunjung dapat berwisata sekaligus belajar berbagai macam satwa reptil dan burung. Tak hanya itu, di komplek wisata pendidikan ini, pengunjung juga diajak untuk mengenal bermacam profesi sebagai motivasi cita-cita anak bangsa.

“Selama lima hari kami mengajak masyarakat luas untuk turut berdonasi dengan mengunjungi obyek wisata di Purbalingga. Semakin banyak wisatawan, semakin banyak pula donasi yang dikumpulkan,”kata  Hartono.

Hal serupa juga dilakukan di objek wisata waterboom TeeJay Park,Tasikmalaya, Jawa Barat lewat Asia Plaza Group (Asia Plaza Sumedang dan Asia Plaza Tasikmalaya). Pada saat terjadi bencana gempa di Lombok perusahaan ini langsung mengumpulkan donasi untuk turut membantu korban bencana gempa.

“Kalau di Lombok sudah kita lakukan. Untuk Palu sedang kita koordinir. Donasi kita kumpulkan dari perusahaan. Sedangkan kalau untuk pengunjung,tidak khusus. Memang ada dari konsumen yang belanja,masuk ke Rumah Zakat dan dana itu kemudian bisa multi charity,” kata Budi Indrasaksi, General Manajer One Stop Shopping Asia Plaza Sumedang, kepada Jelajah Nusa,Kamis (4/10/2018).

(adh)

Check Also

Begini Cara Kemenpar Mencapai Target 20 Juta Wisatawan

JELAJAH NUSA – Mulai hari ini,Jumat hingga Kamis (14-15/12/2018) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) siapkan workshop pengembangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id