Wednesday , October 17 2018
Home / Aktivitas / STP NHI Bandung Kembali Dipercaya Jadi Official Asian Para Games 2018

STP NHI Bandung Kembali Dipercaya Jadi Official Asian Para Games 2018

Sebanyak 150 mahasiswa STP NHI Bandung kembali dipercaya untuk melayani atlet dari berbagai negara Asia dalam perhelatan Asian Para Games 2018. Mereka menyiapkan makanan dan keperluan lainnya selama perhelatan berlangsung. Foto:Dok

JELAJAH NUSA –   Sukses menjadi official dalam perhelatan Asian Games 2018 beberapa waktu lalu, Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung (STP NHI Bandung) kembali dipercaya untuk berpartisipasi membantu dalam menyiapkan makanan serta melayani atlet Asian Para Games 2018 yang dating  dari berbagai negara.

Sebanyak 158 mahasiswa dan 4 dosen dikirimkan guna melancarkan kegiatan penyiapan dan pelayanan makanan di Wisma Atlet Jakarta mulai dari tanggal 26 September sampai 14 Oktober 2018.

Mahasiswa tersebut berasal dari 3 program studi yaitu Manajemen Tata Hidang, Manajemen Tata Boga/Culinary Arts, Studi Akomodasi dan Katering. Pemilihan STP NHI Bandung sendiri tak lepas dari keberhasilan mahasiswa membantu kesuksesan acara Asian Games lalu.

Pada kegiatan tersebut, para mahasiswa mampu menunjukkan kompetensi mereka secara professional kepada para atlet dari berbagai negara peserta.

Kompetensi merupakan salah satu hal penting bagi mahasiswa, LSP First Party adalah salah satu unit dari STP NHI Bandung yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi profesi pariwisata khusus bagi mahasiswa.

Dalam rangka membangun SDM yang profesonal dan berkulaitas internasional di bidang kepariwisataan, LSP STP Bandung melaksanakan Uji Kompetensi berdasar Skema Sertifikasi yang disepakati oleh pihak terkait.

Assesor kompetensi internal di STP NHI Bandung saat ini berjumlah 65 assesor dari berbagai macam kompetensi.

Dalam menjalankan sertifikasi profesi, LSP STP Bandung menggunakan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan Standar Internasional (ACCSTP), dan Standar Khusus di bidang hotel, restoran, perjalanan, dan pariwisata, baik pada tingkatan operasional maupun manajerial.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai lembaga negara yang secara nasional berwenang menangani sertifikasi profesi juga terus melakukan verifikasi secara periodik. Sertifikasi ini menjadikan STP NHI Bandung semakin percaya diri dalam memainkan perannya di ranah global.

Para mahasiswa dan mahasiswi STP NHI Bandung siap menjalankan tugas melayani official dan atlet Para Games 2018. Foto:Dok

Lulusan STP NHI Bandung siap untuk bersaing didukung kepercayaan yang kuat bahwa sumber daya manusia profesional yang dihasilkan terutama di bidang pariwisata akan memainkan perannya dengan penting di tatanan global.

Menurut Ketua STP NHI Bandung Faisal mahasiswa STP NHI Bandung sebagai pahlawan pelayanan turut mensukseskan Asian Para Games dengan penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman bagi para atlet.

Ditambahkan Faisal,bahwa keikutsertaan mahasiswa merupakan suatu hal penting selain karena dapat mengharumkan nama bangsa dan negara juga dapat memperkaya pengalaman internasional pada mega event internasional.

“Pada Asian Para Games 2018 ini, para mahasiswa menyambut dan memberikan pelayanan dan diharapkan menjadi perwakilan masyarakat Indonesia yang terkenal dengan keramah-tamahan, penuh senyum serta professional,” ujar Faisal.

PT Purantara Mitra Angkasa Dua selaku pemenang tender pelayanan mempercayakan mahasiswa STP NHI Bandung untuk dapat membantu mereka dalam memberikan pelayanan kepada para atlet.

Selain event seperti Asian Para Games, mahasiswa maupun dosen STP NHI Bandung juga sering turut serta membantu pemerintah dalam berbagai kegiatan besar lain sepeti Konferensi Asia Afrika, Sail Sabang, Asean Skill Competition, pelaksanaan ibadah haji dan lain sebagainya.

STP Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi pariwisata yang bernaung di bawah Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Sebagai sebuah lembaga tinggi milik pemerintah, STP NHI Bandung bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi tenaga-tenaga profesional di bidang pariwisata sebagai aset nasional yang berkualitas internasional, memiliki sikap dan perilaku yang baik, kreatif inovatif, berjiwa wirausaha dan tetap berkepribadian Indonesia.

(adh)

Check Also

Wonderful Indonesia Sukses Gelar Table Top Meeting Di Laos

JELAJAH NUSA – Sebuah catatan positif ditorehkan duta Wonderful Indonesia  di Laos dan Kamboja. Lewat table …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id