Monday , December 10 2018
Home / Destinasi / Skatepark,Rekreasi Anak Muda Bandung Yang Selalu Ramai

Skatepark,Rekreasi Anak Muda Bandung Yang Selalu Ramai

Beberapa anak remaja bermain skarboard di Skatepark Surapati,Kota Bandung, Jumat (5/10/2018). Sayang, skatpark yang dibangun Pemkot Bandung ini tak terawat dengan baik. Foto:Jelajah Nusa/adhi

JELAJAH NUSA – Skatepark, sekarang sudah menjadi tren di sebuah kota metropolitan. Termasuk di Kota Bandung,Jawa Barat. Semakin banyak skatepark  membuat para pecinta skateboarding semakin terlatih dalam mengulik trik-trik baru.

Untuk sekedar berbagi pengetahuan, Skatepark rekreasi lingkungan untuk pemain skateboard, skater rol, skaters inline, pengendara skuter dan pengendara BMX.

Skatepark pertama di dunia dibangun pada bulan Maret 1976 di Carlsbad, California. Tidak seperti olahraga yang terorganisir,seperti bola basket atau sepak bola,skateboard tidak memiliki arena mengatur atau aturan dan skateparks tidak memiliki desain template standar.

Nah, untuk skatepark yang biasanya digunakan oleh komunitas skateboard di Bandung diantaranya adalah “Skatepark Surapati”, “Buquite Skatepark”, “18th Park”, “Unkl (Gudang Selatan 88)”, dan “Linecoltd Skate Park Bandung”.

“Semakin banyak skatepark, makin sering juga kita pake papan skate. Makanya penting banget buat merawat papannya,” kata Putra Bagus Raka, pemain skateboard di Unkl, di Bandung, kemarin.

Salah satu cara merawat papan skateboard agar tidak rusak dan tetap awet yaitu dengan tidak menyimpan papan di tempat lembab karena tidak baik bagi papan yang pada dasarnya berbahan kayu. Papan tersebut akan cepat keropos.

Setelah bermain skateboard sebaiknya di griptape, bagian atas skateboard yang mirip dengan amplas dan berfungsi untuk menangkap gerak-gerik kaki, disikat agar tetap terawat.

Jika memiliki uang lebih, bisa membeli bearing cleanser agar papan lebih mudah untuk dibersihkan.

Untuk jenis papan skateboard yang bagus, tidak terpatok pada brand tertentu karena masing-masing memiliki karakternya.

Jika ingin lebih puas, para pemain skateboard biasa merakit papannya sendiri dengan membeli barang-barang di skateshop.

Selain untuk menyalurkan hobi, bermain skateboard juga bisa menambah teman dan relasi.

“Dari main skateboard bisa nambah temen, terus nambah relasi, yang artinya juga bisa nambah pekerjaan baru dari hasil relasi temen itu,” kata Putra Bagus Raka.

Jika ingin mencoba Skatepark, Anda bisa melewatkan liburan di Kota Bandung dengan berkunjung ke beberapa  komunitas skateboard.

(adh/ant)

 

 

Check Also

Kemenpar Targetkan 5 Juta Wisatawan Halal Tourism Tahun 2019

JELAJAH NUSA – Kementerian Pariwisata (Kemenoar)  mencanangkan dua target wisata halal di tahun 2019 yakni …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id