Wednesday , November 14 2018
Home / Destinasi / Sekali Gebrak Sales Mission Spanyol Raup Rp 10,65 Miliar

Sekali Gebrak Sales Mission Spanyol Raup Rp 10,65 Miliar

Sales mission yang digelar di Hotel InterContinental, Madrid, Spanyol diikuti pelaku bisnis pariwisata di Spanyol. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Tak bisa dipungkiri bahwa Negeri Matador  menjadi sangat penting bagi Wonderful Indonesia. Terbukti saat berlangsung program Sales Mission Wonderful Indonesia di Spanyol, pekan ini, menuai sukses besar. Kegiatan ini mampu menarik potensi devisa Rp10,65 Miliar.

Dari sales mission, potensi yang didapat Wonderful Indonesia sekitar USD700.672. Bila menggunakan kurs USD1=Rp15.199, maka nilai potensi devisa sekitar Rp10,65 Miliar. Jumlah ini didapatkan dari transaksi sebesar 119 pax.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Nia Niscaya mengatakan, publik Spanyol sangat antusias. Dan ini menjadi penunjang tingginya potensi yang diraih.

“Agenda sales mission di Spanyol sangat positif. Nilai potensi devisanya optimal. Hal ini tidak lepas dari antusiasme yang ditunjukan publik Spanyol. Apalagi, destinasi Indonesia memang sangat familiar di Spanyol,” ungkap Nia, Senin (15/10) malam.

Sales mission digelar di Hotel InterContinental, Madrid, Spanyol. Booth Wonderful Indonesia milik Kementerian Pariwisata pun dipenuhi pengunjung.

Mereka mengeksplorasi berbagai informasi destinasi di Indonesia. Selain itu, mereka juga terkesan dengan keramahan yang disajikan Wonderful Indonesia.

“Publik Spanyol banyak menggali berbagai informasi melalui sellers. Paket-paket pariwisata ini memang konsepnya dibuat semenarik mungkin. Jadi, para wisatawan ini memiliki space lebih luas mengeksplorasi keindahan nusantara,” terang Nia.

Dalam kegiatan ini, Wonderful Indonesia melibatkan 4 industri pariwisata. Mereka mampu memanfaatkan peluang yang diberikan. Sebab, Kemenpar rela menyewa ruang meeting di Hotel InterContinental, Madrid, untuk megoptimalkan akselerasi para sellers tersebut. Aktivitas pun semakin semarak dengan aksi hiburan Tarian Cenderawasih dan Lancang Kuning.

Selain parade seni budaya, ada program jamuan makan dan coctail. Pengunjung juga semakin dibuat manja dengan program undian give away.

“Program sales mission Spanyol ini menjadi media transaksi terbaik. Sebab, di sini terjadi pertukaran informasi, kontak, dan kontrak bisnis. Sellers-nya Indonesia, lalu buyers-nya dari Spanyol. Kami ucapkan terima kasih atas support semua pihak,” jelas Nia lagi.

Menggunakan konsep B2B (seller meets buyer) meeting, program ini juga diharapkan memberi impact positif lebih besar. Semakin mendorong brand awareness dan media exposure bagi pariwisata Indonesia.

Selain itu, market juga mendapatkan informasi benar dan cukup terkait beragam destinasi di Indonesia. Nia menegaskan, program ini telah menguatkan kerjasama.

“Selain nilai transaksi saat ini, sebenarnya ada keuntungan jangka panjang yang bisa didapatkan. Kami tentu berharap adanya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Spanyol ke Indonesia. Terlepas dari itu, kami optimistis pasar Eropa terkena imbas penguatan. Kan Spanyol ini memiliki pengaruh besar di Eropa,” kata Nia.

Mengacu data UNWTO, kunjungan wisatawan Spanyol pada 2016 sebesar 65.000 orang. Jumlah ini naik 4% dari tahun 2015. Bagaimana dengan 2018? Dari rentang Januari hingga Juni 2018, jumlah wisatawan Spanyol mencapai 6.227 orang.

Angka ini juga naik 1,8% dari periode sama di tahun sebelumnya. Dan tahun 2018 ini, Wonderful Indonesia menargetkan jumlah kunjungan wisatawan Spanyol 102.007 orang.

“Pasar Spanyol ini sangat penting. Size-nya juga besar. Hasil transaksi dari sales mission Oktober ini hanya awal saja. Setelah ini, jumlah kunjungan wisatawan Spanyol akan terus tumbuh. Target besar ini juga sangat realistis bila melihat potensi dan postur yang dimiliki wisatawan Spanyol. Belum lagi, alam dan budaya Indonesia ini yang terbaik,” terang Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Experience besar memang selalu ditawarkan Indonesia. Sebab, potensi alam dan budayanya sama-sama luar biasa. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia.

Nusantara memiliki lebih dari 17.000 pulau tropi terbaik. Garis pantainya lengkap dengan warna pasir putih, hitam, hingga pink. Pulau eksotisnya tersebar dari Bali, Jawa, Kalimantan, Papua, Sulawesi, hingga Sumatera.

“Atraksi yang ditawarkan Indonesia memang terbaik. Selain itu, aksesibilitas dan menitasnya juga luar biasa. Ada banyak pilihan maskapai dari Eropa ke Indonesia. Untuk amenitas, Indonesia menyediakan beragam penginapan dengan harga ramah. Soal kuliner, setiap destinasi memiliki kuliner khas dengan cita rasa nikmat,” tutup Menteri Pariwisata Arief Yahya.

(adh)

Check Also

Begini Rencana Kemenpar Kembangkan Gede Pangrango

JELAJAH NUSA – Eko wisata hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango akan dikelola menjadi lebih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id