Saturday , September 22 2018
Home / Destinasi / Pulau Rote Ndao Lokasi Diving Paling Fantastis

Pulau Rote Ndao Lokasi Diving Paling Fantastis

Keindahan alam bawah laut di Pulau Rote Ndao,Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu incaran wisman. Foto:IG-gemala hanafiah.

JELAJAH NUSA – Tiba di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) siapa tak kenal dengan pulau ini. Namanya, Rote Ndao. Selain memiliki hamparan pantai indah dengan sebutan Pantai Oeseli di kawasan ini juga tersembunyi lokasi surfing dan diving yang sangat mempesona.

Ya, Rote Ndao adalah surga bagi para peselancar maupun mereka yang hobi menyelam. Dinis juga terdapat wisata pantai Nemberala serta spot surfing-nya  yang fenomenal itu. Ada  Pantai Sai, Laut Mati, Batu Termanu, Tiang Bendera dan masih banyak lagi tempat wisata di Rote.

Rote Ndao  menyimpan begitu banyak pesona untuk siapa saja yang ingin mengunjunginya. Rote Ndao menawarkan wisata bahari, wisata budaya, hingga wisata alam Rote Ndao memang tidak pernah kehabisan tempat-tempat wisata baru untuk dieksplorasi.

Siapa  menyangka bila ternyata Rote Ndao masih saja mempunyai sebuah surga yang tersembunyi yang memberi penawaran panorama surga bawah laut yang sangat menakjubkan.

Surga ini ialah Pulau Do’o. Wisata Bawah Laut Pulau Do’o ini adalah salah satu dari puluhan Spot Diving (lokasi menyelam) di Rote Ndao yang banyak digandrungi baik masyarakat lokal maupun mancanegara.

Pulau Do’o ini berada di sebelah barat pulau Rote, tepat di antara pulau Ndao dan Nuse,  atau 11 kilometer dari Pantai Nemberala.

Untuk menuju ke Pantai Nembrala, pengunjung bisa  melakukan perjalanan  dari bandara El Tari (di Kupang, Pulau Timor) ke bandara D.C Saudale di Pulau Rote.

Selain itu ada dua metode penyeberangan yang dapat dilakukan dari Pelabuhan Tenau atau Pelabuhan Bolok ke Pulau Rote yaitu dengan menumpang kapal Ferry menuju Pantai Baru (Pelabuhan di Pulau Rote).

Jarak tempuh  perjalanan sekitar 3-4 jam atau dengan menggunakan kapal cepat menuju Kota Ba’a sekitar 40-60 menit.

Jika ingin melakukan perjalanan menuju Pantai Baru, maka  harus menempuh perjalanan dengan mobil ke Ba’a yang kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ke Nemberala sekitar 1,5 jam.

Pulau Do’o sendiri adalah h salah satu spot diving yang bagus dengan memiliki kedalaman rata-rata 8 meter.

Di tempat ini ditumbuhi karang berwarna warni yang menakjubkan, banyak sekali terumbu karang yang berada di kedalaman 8 hingga 12 meter. Tak terkecuali juga  berbagai macam ikan.

Berbagai macam spesies ikan diantaranya adalah  ikan Gobi, Moray Belut, Belut, Ikan Daun, Kerapu, Jack, Trevallies, Snapper, Fussilier, Barracuda, Sweetlips, Butterfly, Kardinal, Angel, Damselfish, Anthias, Batfish, Wrasse, Bayan, Surgeon, Trigger, Box, Puffer, Porcupine,  Scorpion dan Blennies.

Bagi yang hanya ingin menikmati suasana pantai,pengunjung bisa mendatangi Pantai Oeseli. Pantai ini masih sangat alami. Bersih dan belum tercemar sehingga kita  akan merasa nyaman seperti berada di pantai pribadi.

Belum banyak wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara yang datang berlibur ke pantai ini.

Pantai Oeseli hanya ramai dikunjungi oleh anak muda dari Desa Oeseli pada saat libur. Di pantai ini Anda dapat bersantai dengan tenang sambil duduk menikmati pemandangan laut sambil menyaksikan para peselancar beraksi atau berjemur matahari diatas hamparan pasir putih pantai yang sangat bersih dan berkilau.

Berminat?

(adh)

Check Also

Menggelar Konser Simfoni Kelas Dunia  di Hilton Bandung Philharmonic

Jelajah Nusa – Konser Simfoni “Legenda” sebelumnya digelar Bandung Philharmonic mengadakan Concert Workshop bagi Media, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id