Monday , December 10 2018
Home / Destinasi / Presiden Puji GWK Sebagai Hasil Maha Karya

Presiden Puji GWK Sebagai Hasil Maha Karya

Wakil Presiden ke-6 Jend. TNI Purn Try Sutrisno, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman,Luhut Binsar Pandjaitan bersama dengan Menteri Pariwisata, Arief Yahya Dan Seniman penggagas Patung GWK,I Nyoman Nuarta menyambut Presiden RI  Joko Widodo tiba di Pedestal Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). Kehadiran Presiden RI ke Bali kali ini untuk Meresmikan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). Foto:IG

JELAJAH NUSA – Ditandai dengan penekanan tombol sirene, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di kawasan GWK Cultural Park, Bukit Ungasan, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (22/9/2018) malam.

Tak lama lampu sorot yang mengarah ke panggung dimatikan. Suasana mendadak gelap dan kembang api mulai dinyalakan satu persatu.

Warna-warni nyala kembang api itu kemudian menghiasi patung GWK. Patung setinggi 121 meter itupun terlihat makin megah dan mewah.

Letupan kembang api menyala selama sekitar 7 menit. Terdengar suara tepuk tangan meriah dari para hadirin dengan atraksi kembang api tersebut.

Sebelumnya lewat pidatonya, Jokowi memuji patung GWK yang merupakan buah mahakarya kekinian yang tak kalah dengan Candi Borobudur maupun Prambanan. Dia mengaku bangga dengan hadirnya ikon baru di Bali dan Indonesia tersebut.

Patung yang berdiri megah ini  dikerjakan secara sinergis oleh Alam Sutera dan pematung I Nyoman Nuarta itu disebut Presiden Joko Widodo sebagai mahakarya anak bangsa.

“Saya sebut mahakarya anak bangsa karena Patung Garuda Wisnu Kencana adalah salah satu patung tembaga terbesar di dunia serta patung tertinggi ketiga di dunia,” kata Joko Widodo.

Menurut Presiden, Patung GWK tak hanya membanggakan masyarakat Bali tapi juga membanggakan rakyat Indonesia.

“Ini membuktikan sebagai bangsa besar kita bukan hanya mewarisi karya besar dari peradaban masa lalu yang sangat indah seperti Candi Borobudur, Prambanan, tapi di era kini bangsa kita bisa berkreasi untuk melahirkan mahakarya yg membanggakan kita dan dikagumi dunia,” katanya.

Di balik kemegahan Patung GWK, lanjut presiden, ada satu hal jadi inspirasi yakni karya besar dimulai dari keberanian untuk mempunyai gagasan-gagasan besar.

“Keberanian memiliki mimpi besar, keberanian melakukan lompatan-lompatan besar. Tanpa lompatan besar, sulit lahir karya besar,” kata Joko Widodo.

Peresmian patung GWK ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden Joko Widodo dan kembang api di depan patung.

Hadir dalam peresmian patung GWK presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wapres ke-6 Try Sutrisno, Gubernur Bali Wayan Koster, pematung I Nyoman Nuarta, Preskom PT Garuda Adhimatra Indonesia Sang Nyoman Suwisma, Preskom Alam Sutera Group Haryanto Tirtohadiguno, serta para undangan lainnya.

Garuda Wisnu Kencana pun kini resmi sebagai landmark baru Indonesia. Selamat menikmati maha karya ini.

(adh)

 

Check Also

Kemenpar Targetkan 5 Juta Wisatawan Halal Tourism Tahun 2019

JELAJAH NUSA – Kementerian Pariwisata (Kemenoar)  mencanangkan dua target wisata halal di tahun 2019 yakni …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id