Saturday , September 22 2018
Home / Destinasi / Pesona Paradise of Java Ditepian Selat Jawa

Pesona Paradise of Java Ditepian Selat Jawa

Keindahan pantai di Karimunjawa membuat setiap orang yang datang kesini ingin tinggal berlama-lama. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Membentang  dari timur ke barat,pegunungan hingga daratan. Itulah mutu manikam yang dimiliki Indonesia. Semua sepakat  keindahan dunia separuh ada di negeri ini.

Gemah Ripah Loh Jinawi, sebuah ungkapan kalimat yang cukup sederhana namun mempunyai arti dan makna yang luar biasa.

Kalimat yang mengantarkan kita pada kesadaran akan kekayaan potensi keindagan alam yang dimiliki oleh NKRI. Salah satunya adalah pulau Karimun  Jawa yang terletak di Jepara.

Karimunjawa merupakan objek wisata kepulauan yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Karimunjawa, tempat ini terletak di Laut Jawa dan masuk dalam kawasan Kabupaten Jepara  Jawa Tengah.

Destinasi wisata yang satu ini terdiri dari daratan dan lautan dengan luas daratannya sekitar 1.500 hektar dan luas perairannya sekitar 110.000 hektar.

Perkembangan wisata karimunjawa sangatlah pesat, hal ini tidak luput dari dukungan Pemerintah setempat untuk terus berupaya dalam mengembangkan potensi daerah disektor pariwisata, sampai sekarang wisata karimunjawa banyak digemari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Kepulauan Karimunjawa menjadi surga dari para penyelam (driver).

Kepulauan karimunjawa juga memiliki beberapa julukan salah satunya adalah Paradise of Java karena karimunjawa memiliki daerah yang masih asri. Selain itu, kepulauan karimunjawa juga dibatasi dengan pantai pasir putih halus.

Karimunjawa menjadi salah satu pesona wisata taman laut di Jawa. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias.

Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Kepulauan karimunjawa merupakan salah satu dari berjuta pesona wisata Indonesia yang wajib kamu kunjungi.

Untuk mencapai destinasi wisata Karimunjawa tidaklah sulit, hanya memakan waktu sekitar 4 sampai 6 jam dari pelabuhan Kartini lalu menumpangi Kapal Muria dengan harga Rp. 60.000,00 dan kapal express dengan harga Rp.150.000,00.

Selain menggunakan kapal, kepulauan Karimunjawa juga bisa ditempuh menggunakan pesawat kecil di Bandara Ahmad Yani Semarang dapat disewa menuju Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan (salah satu pulau di Karimunjawa).

Dengan pesawat, Anda dapat melihat keindahan Karimunjawa dari atas sebelum mendarat di lapangan terbang yang ada di Karimunjawa. Perjalanan dengan pesawat menempuh waktu sekitar 30 menit.

Pulau Karimunjawa. Foto:IG

Rasanya cocok dengan keindahan alam yang ditawarkan di kepulauan karimunjawa ini, karena memang memakan waktu yang cukup lama untuk tiba di pulau yang mendapat julukan Karimunjava, The Paradise of Java.

Dilihat dari letak geografis Karimunjawa terletak di Laut Utara, utara Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau, pulau-pulau yang berpenghuni berjumlah 5 pulau sedangkan pulau yang lainnya belum berpenghuni.

Pulau yang sudah berpenduduk yaitu Pulau menjangan besar dan menjangan kecil, Pulau Kemujan, Pulau Karimunjawa, Pulau Nyamuk, dan Pulau Parang. Sebagian besar pulau di sana memiliki pantai dengan pasir putih.

Pulau-pulau yang menjadi favorit untuk dikunjungi para turis karena keindahan alamnya.Untuk mengunjungi pulau-pulau yang ada di Karimunjawa, waktu yang diperlukan tidak terlalu lama untuk mengunjungi beberapa pulau sekaligus, karena letaknya yang tidak berjauhan.

Keindahan dari Karimunjawa memang sangat mempesona disamping itu ada beberapa objek wisata bahari yang akan membuat betah anda berlama-lama di Karimunjawa.

Disini Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang banyak berhubungan dengan laut, salah satunya yaitu penangkaran hiu yang ada di pulau menjangan besar yang terletak 1 km dari Pelabuhan Karimunjawa.

Berminat? Cobalah membuat perencanaan untuk pergi ke surga yang tersembunyi ini.

(adh)

Check Also

Kemenpar Raih The Best Ministry Of Tourism Di Thailand

JELAJAH NUSA – Sebuah prestasi gemilang diraih kementerian pariwisata dibawah komando Arief Yahya dengan berhasil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id