Friday , November 16 2018
Home / Sertifikasi / Cafe & Resto / Pabrik Kopi Upnormal Coffee Roasters Cihampelas Tersaji Oleh Ahlinya

Pabrik Kopi Upnormal Coffee Roasters Cihampelas Tersaji Oleh Ahlinya

Masters Champion Setyo Prayitno mempraktekan cara meracik kopi (Foto. Handry Jelajah Nusa)

Jelajah Nusa – Coffee Class Roadshow yang digelar Upnormal Coffee Roasters telah diselenggarakan di Warunk Upnormal Gejayan, Upnormal Coffee Roasters Jalan Kaliurang Jogjakarta, Upnormal Coffee Roasters Raden Saleh, Warunk Upnormal Kalideres, Upnormal Coffee Roasters Rawamangun, dan Warunk Upnormal Semarang pada tanggal 27-28 Juli 2018.

Upnormal meyakini, setiap orang berhak mendapatkan ilmu yang baik tentang kopi, sehingga dengan adanya kegiatan Coffee Class Roadshow ini, semakin banyak masyarakat Indonesia akan teredukasi akan kekayaan alam Indonesia yang telah diakui dunia.

Upnormal Coffee Roasters berkesempatan menggelar Coffee Class Bagi Media dan Blogger, Rabu, (18/7/2018), di Upnormal Coffee Roasters jalan Cihampelas Bandung, turut hadir Pemateri Coffee Class/Coffee Masters Champion Setyo Prayitno dan jajaran manajemen Upnormal Coffee Roasters Cihampelas.

Kelas dengan bentuk sharing ini diisi dengan informasi tentang seluk beluk kopi, mulai dari yang masih berbentuk buah, hingga tersaji dalam bentuk minuman kopi yang nikmat, antusias awak Media dan Blogger sangat terlihat,  karena hampir semua awak Media dan Blogger merupakan penggemar kopi.

Pemateri Coffee Class/Coffee Masters Champion Setyo Prayitno membuka acara Coffee Class dengan memperkenalkan alat-alat apa saja yang dapat digunakan untuk membuat kopi, seperti Turkish Coffee Pot, Aeropress Coffee Maker, Technivorm Coffee Maker, Moka Pot, Espresso Machine, V60 Dripper, Syphon Coffee Maker, Cold Drip Maker, French Press, dan Cafe Solo Coffee Maker.

Setelah menjelaskan alat-alat pembuat kopi, Setyo Prayitno menjelaskan berbagai jenis-jenis biji kopi yang ada di Indonesia, diantaranya jenis Arabika dan Robusta saja, “Selain Arabika dan Robusta, terdapat tiga jenis biji kopi lainnya, yaitu Peaberry, Liberica, dan Excelsa”.

Setelah menjelaskan berbagai karakter biji kopi, Setyo Prayitno memberikan kesempatan kepada awak Media dan Blogger untuk memisahkan antara roast beans Arabika dengan Robusta yang sudah ditempatkan dalam wadah khusus.

Pemateri Coffee Class/Coffee Masters Champion Setyo Prayitno membuka acara Coffee Class (Foto. Handry Jelajah Nusa)

Cara termudah untuk membedakan jenis biji kopi adalah dengan melihat bentuknya, “Biji kopi Arabika cenderung lebih bulat, sedangkan Robusta lebih terlihat lonjong, Cara mudah lainnya untuk membedakan jenis kopi adalah dengan memakan biji kopi,” kata Setyo Prayitno.

Seperti diketahui, biji kopi Arabika cenderung terasa seperti buah dan asam, sedangkan Robusta terasa seperti kacang-kacangan, Setelah menjelaskan rasa biji kopi, Setyo Prayitno membagikan informasi tentang istilah khas yang biasa digunakan dalam dunia perkopian, seperti istilah Body, Sweetness, Acidity, Flavor, After Taste, dan istilah Tasting Notes

Untuk memantapkan istilah-istilah di dunia kopi, Setyo Prayitno mengajak para awak Media dan Blogger untuk mengetahui bagaimana Tasting Notes yang telah dijabarkannya melalui praktek membuat kopi dengan menggunakan cara manual atau Manual Brew.

Para awak Media dan Blogger oleh Setyo Prayitno dipersilahkan untuk mencoba menggunakan V60, seperti diketahui, pada kopi hasil seduhan dari alat V60, penikmat kopi dapat merasakan berbagai karakter kopi, seperti rasa manis rasa asam, dan After Taste, namun dengan body yang lebih ringan. (Hny. Rls)

Check Also

Selamat Tinggal Sariwangi

JELAJAH NUSA – Selamat tinggal Sariwangi. Inilah salam perpisahan bagi penikmat teh legendaris itu. Teh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id