Wednesday , October 17 2018
Home / Aktivitas / Hobi & Komunitas / Menpar Optimis Target Wisata Tercapai

Menpar Optimis Target Wisata Tercapai

Salah satu atraksi dalam Tomohon International Flower Festival. Target 17 Juta kunjungan wisatawan optimis dapat terealisasi. Foto: IG

JELAJAH NUSA-Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya optimistis kunjungan Wisatawan Mancanegara akan meningkat tahun ini. Perkembangan sektor Pariwisata yang menggembirakan ditargetkan akan mampu terus bertumbuh pada tahun ini.  Maka target 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dikatakannya dapat terealisasi.

Sektor Pariwisata terus tumbuh dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan Wisatawan Mancanegara yang mencapai 22 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, selama tahun 2017, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 14,04 juta kunjungan atau naik 21,88 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada tahun 2016 yang berjumlah 11,52 juta kunjungan.

Kemudian masih menurut BPS, tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Indonesia pada Desember 2017 mencapai rata-rata 59,53 persen atau naik 3,03 poin dibandingkan dengan TPK Desember 2016 yang tercatat sebesar 56,50 persen. Begitu pula, jika dibanding TPK December 2017, TPK hotel klasifikasi bintang pada Desember 2017 mengalami kenaikan sebesar 1,65 poin.

Sedangkan, Rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia pada hotel klasifikasi bintang selama Desember 2017 tercatat sebesar 1,72 hari, terjadi kenaikan 0,02 poin jika dibandingkan keadaan Desember 2016.

Angka statisitik yang menggembirakan tersebut diakui  Arif, merupakan penanda membaiknya kondisi destinasi wisata yang terus menunjukan pertumbuhan signifikan.

“Pariwisata di Indonesia termasuk sektor yang terus tumbuh paling pesat di dunia. Investasi sektor pariwisata tahun 2017 juga menunjukan kenaikan dengan capaian 102% dari target yang dicanangkan pemerintah,” Kata Arief Yahya saat Jumpa Pers Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018 di Kantor Kemenetrian Pariwisata.

TIFF 2018 adalah event yang masuk dalam 100 Wonderful Events Indonesia 2018 dan memiliki standar nasional dengan benchmarking festival bunga internasional Pasadena, Amerika Serikat.

(IDS)

Check Also

Wonderful Indonesia Sukses Gelar Table Top Meeting Di Laos

JELAJAH NUSA – Sebuah catatan positif ditorehkan duta Wonderful Indonesia  di Laos dan Kamboja. Lewat table …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id