Kolaborasi Screamous dan Arkiv Vilmansa Hasilkan Enam Design T-Shirt

Founder Screamous Nino Norman (kiri) bersama Arkiv Vilmansa.

Jelajahnusa.com, BANDUNG – Brand clothing asal Kota Bandung Screamous menggandeng seniman Arkiv Vilmansa untuk enam design t-shirt. Keenam t-shirt design Arkiv ini pun diproduksi secara terbatas. Arkiv merupakan seniman yang dikenal sebagai toy designer pertama dari Indonesia. Dia mengawali karirnya sejak 2005 lalu. Selain itu, dirinya juga merupakan urban painter.

Sepanjang sejarah berkarir, Arkiv sering melakukan ekshibisi solo di Jakarta maupun gabungan di berbagai kota di belahan dunia seperti Singapura, Manila, Paris, New York, Los Angeles, Philadelphia, Malaysia, Hongkong, Sydney, Houston, London, Venice, Miami, dan Boston. Banyak orang menyebut karyanya sebagai contemporary art. Karya Arkiv merupakan kombinasi dari keahliannya di bidang arsitektur serta desain grafis yang menghasilkan lukisan tangan yang rumit, penuh dengan detail, dan gradasi warna yang menarik.

Founder Screamous Nino Norman mengatakan, alasan mengajak Arkiv berkolaborasi karena memiliki kesamaan. Screamous dan Arkiv sama-sama berasal dan besar dari Bandung.  Screamous sendiri saat ini sudah menapaki perjalanan bisnis ke-15 tahun. Screamous berdiri sejak Mei 2004, dimana saat itu clothing brand belum terlalu marak. Dengan konsep yang terinspirasi dari musik, film, dan art yang terlihat dan terdengar dalam keseharian berkegiatan, Screamous mengelaborasi semuanya menjadi produk yang comfy, colorful dan vibrant.

Sebelum berkolaborasi dengan Arkiv, di tahun 2014, Screamous memulai kolaborasi dengan The Sigit, salah satu band rock terbaik di Indonesia dengan membuat beberapa produk. Kemudian pada tahun 2018 Screamous kembali melakukan kolaborasi dengan Brian McCarty, seorang fotografer ternama urban toys asal Amerika yang karyanya telah dimuat di beberapa buku art toys.

”Di tahun yang sama, saat anniversary ke-14, Screamous berkolaborasi dengan Usugrow seniman asal Jepang yang telah banyak terlibat dalam pembuatan berbagai desain cover album untuk band dan musisi dunia. Kali ini, merayakan pencapaian 15 tahun perjalanan kami, adalah sebuah kebanggaan bisa mengajak seorang seniman muda berbakat asal Bandung yang karyanya sangat dikenal di dunia internasional, Arkiv Vilmansa untuk berkolaborasi dengan kami,” ungkap Nino.

Nino menambahkan, tak banyak seniman muda yang memiliki karir cemerlang seperti Arkiv, sehingga pihaknya tidak hanya mengapresiasi tapi juga bersemangat merespon karya Arkiv setara dengan kolaborator lain. ”Karena kami merasa memiliki spirit berkarya yang sama, tumbuh dan berkembang di industri kreatif kota Bandung,” ungkap Nino.

Sementara itu, Arkiv mengatakan, proses pembuatan design dibutuhkab waktu selama enam bulan dari mulai menggambar hingga produksi. Menurut dia, dengan berkolaborasi dirinya bisa memperkaya ide untuk lebih banyak berkreasi.

”Saya tertarik untuk berkolaborasi dengan Screamous karena melihat lokal brand yang mempu bertahan dan terus berkembang. Tentunya dalam setiap kolaborasi ada mutualisme bagi kedua belah pihak,” ungkapnya. (taofik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here