Menengok Wakop Purnama yang Tak Lekang Oleh Waktu

Owner Warkop Purnama, Aldi Yeo

JELAJAH NUSA – Budaya nongkrong di warung kopi sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Duduk santai sanbil menikmati secangkir kopi plus camilan bisa meciptakan suasana kekeluargaan dengan kerabat.

Warkop Purnama

Berbicara warung kopi, Bandung memang surganya. Warung kopi bisa dijumpai di setiap sudut kota. Namun tahukah jika di Bandung terdapat warung kopi yang sangat melegenda. Yups, namanya Warung Kopi Purnama di Jalan Alkateri Nomor 22.

Warkop ini menjadi favorit tempat nongkrong warga Kota Bandung. Bukan hanya para orang tua yang bernostalgia tetapi juga favorit para anak remaja kaum milenial bahkan generasi Z.

suasana Warkop Purnama

Owner Warkop Purnama Aldi Yeo mengatakan, Warkop ini sudah berdiri sejak 1930. Menurut dia, tempat ini dikenal sebagai tempat bercengkrama bergaya tempo dulu yang termasuk salah satu icon heritage Kota Bandung.

”Saya merupakan generasi keempat sejak didirikan pada 1930 lalu oleh buyut saya bernama Jong A Tong. Dahulu, warkop ini namanya Tjhiang Song Shi yang berarti Silakan Mencicipi dan berubah nama menjadi Warung Kopi Purnama pada Tahun 1960-an. Perubahan nama ini karena seiring kebijakan pemerintah yang mengharuskan memakai nama berbahasa Indonesia,” ujar  Aldi.

Menurut Aldi, interior Warkop Purnama tak pernah dirubah sejak zaman dahulu. Sang owner secara turun-temurun tetap mempertahankan orsinalitas dan ciri khas warkop ini.

Meskipun sudah sangat tua, namun interior masih tetap terawat dengan baik. Bahkan, meja dan kursi saat ini masih menggunakan yang dulu sejak berdiri. Yang dirubah, menurut dia paling perawatan seperti plafon yang lapuk dimakan usia serta bagian depan yang awalnya pintu kayu diganti jadi besi.

Kopi susu dan roti selai srikaya.

Selain interior, para owner pun tetap mempertahankan menu-menu zaman dulu. Menu yang masih bertahan dan digemari para konsumen di antaranya kopi tubruk, roti selai srikaya, roti gulung sosis, roti gulung telur serta sarsaparilla.

”Roti Selai Srikaya sudah menjadi menu favorit dan melegenda. Roti dan selai srikaya kami buat homemade. Sebab, penerus Warkop Purnama belum bisa memegang warkop ini kalau belum lulus test membuat selai srikaya,” ujar Aldi.

Saking melegenda, banyak tokoh penting dan pejabat yang makan di warkop ini. Di antaranya Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Dubes Perancis, hingga para selebritis tanah air. (taofik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here