40 Relawan Gotong Royong Bersihkan Sungai Ciliwung di Sela Peringatan Detik-detik Proklamasi RI

Para relawan memperingati detik - detik Proklamasi di Sungai Ciliwung.

Jelajahnusa.com – Hari Jadi ke-75 Republik Indonesia diperingati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Ada banyak cara untuk memperingati Hari Lahir Indonesia ini. Salah satunya, yang dilakukan Komunitas Peduli Ciliwung Bogor, Satgas Naturalisasi Ciliwung Sektor 6 dan Hakikat Ciliwung.

Selain itu, relawan yang bergabung di Ciliwung Banjir Cinta #2 Peringatan Detik-detik Proklamasi yaitu Karang Taruna Kel. Kedunghalang, Warga Kampung Bebek, Kel. Kedunghalang, Warga Kel. Sukaresmi, Babinmas Kel. Sukaresmi, Ciliwung Institute, BORAC Kota Bogor, WWF Indonesia, Indonesia Tourism Support, Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Siswa SMA 5 Negeri Kota Bogor, Siswa SMA 6 Negeri Kota Bogor, Kedutaan Besar Norwegia di Indonesia

Mereka kompak memperingati detik-detik proklamasi di bantaran sungai Ciliwung antara Kampung Bebek, Kedunghalang – Graha Grande Blok B.32 Sukaresmi.

“Di hari Kemerdekaan ini banyak sungai-sungai di Indonesia khususnya di Ciliwung sebagian besar masih menderita,” ungkap Suparno Jumar salah seorang relawan lingkungan hidup yang juga anggota Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Bogor, dikutip Jelajah Nusa dari Media Bogor, Senin (17/08/2020).

“Saya ingin mengajak kepada siapapun untuk memberikan perhatian besar, karena 75 tahun sudah kita lewati ternyata belum sepenuhnya merdeka, terutama anak-anak muda ayo berjuang lebih hebat karena kita tau apa yang terjadi dengan lingkungan dan sungai sudah sangat menderita,” paparnya.

Kata dia, bahwa memperingati detik-detik proklamasi di bantaran sungai Ciliwung merupakan yang pertama di Kota Bogor.

“ini adalah karya kita bersama, perayaan ini alhamdulillah bisa berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Dadi sekitar 40 orang yang berpartisipasi, terkumpul sebanyak 63 karung sampah atau sekitar 1.575 kilogram. (Taofik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here