Saturday , September 22 2018
Home / Sertifikasi / Cafe & Resto / Kemeriahan HUT PHRI Dibalas Pantun Gubernur Aher

Kemeriahan HUT PHRI Dibalas Pantun Gubernur Aher

Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi Sukamdani berjabat tangan dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang didampimngi Ketua BPD PHRI Jawa Barat Herman Muchtar usai memotong tumpeng pada puncak malam perayaan HUT ke-49 PHRI Nasional di Grand Asrilia Hotel,Bandung,Kamis (8/2/2018). Foto:Jelajah Nusa/handry

JELAJAH NUSA – Malam puncak perayaan HUT ke-49 Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) nasional yang berlangsung di Ball Room Grand Asrilia Hotel, Bandung,Kamis malam (8/2/2018) berlangsung meriah. Berbagai atraksi kesenian daerah yang ditampilkan memukau 400 lebih undangan yang hadir.

Selain dihadiri para pengurus BPD PHRI Jawa Barat, dan BPC PHRI Se-Jabar perayaan HUT PHRI 2018 ini juga dihadiri BPD Se-Indonesia, mulai dari Sumatera,Jawa hingga Papua. HUT PHRI kali ini juga bertepatan dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang telah dilangsungkan pada siang harinya.

Kesenian daerah yang dibawakan para penari memeriahkan HUT PHRI ke-49. Foto:Jelajah Nusa/adhi

Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi Sukamdani dalam sambutannya mengapreasiasi kegiatan pengurus BPD PHRI Jawa Barat yang sukses menggelar HUT PHRI dengan melibatkan berbagai stakeholder.

Hal ini menandakan bahwa PHRI telah menjadi rumah besar bagi seluruh komponen anak bangsa,tidak saja yang bergerak di bidang pariwisata namun juga masyarakat umum secara keseluruhan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terlihat akrab berbincang-bincang dengan Ketua BPD PHRI Jawa Barat Herman Muchtar. Foto:Jelajah Nusa/adhi

Sebelum melanjutkan sambutannya,Hariyadi mengajak semua yang hadir untuk berdoa bagi para pendiri PHRI yang telah wafat diantaranya,Sukamdani Sahid Gitosardjono,Muhammad Ali,Chandika,Multatuli,Syahda,Ruhiyat dan Roni Sirat.

“Tanpa mereka semua PHRI mungkin tidak ada, atau pun ada namun bentuknya lain,” ujarnya.

Meski HUT PHRI tepatnya jatuh pada tanggal 9 Februari namun karena bertepatan dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PHRI Jawa Barat maka menjadi semakin meriah.

Undangan HUT Ke-49 PHRI ikut menyaksikan pemotongan tumpeng oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Foto:Jelajah Nusa/adhi

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Herman Muchtar selaku Ketua BPD PHRI Jawa Barat yang telah mengambil inisiatif untuk sekaligus menyatukan rakerda dengan perayaan hari jadi PHRI malam hari ini,” lanjutanya.

Lebih lanjut Hariyadi menyampaikan bahwa BPP PHRI telah melakukan inisiasi untuk mengumpulkan 18 organisasi yang terkait dengan pariwisata untuk bersama-sama,bahu-membahu membuat program Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018.

Prosesi puncak acara HUT PHRI ke-49. Nasi tumpeng dibawah menuju panggung. Foto:Jelajah Nusa/adhi

“Program ini adalah untuk mewujudkan target menghadirkan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) 2018 dan 20 juta wisman 2019. Ini adalah suatu tekad kita bersama,dimana waktu kami terpilih sebagai ketua umum, kami memiliki target untuk meningkatkan okupansi hotel,”ungkapnya.

Memang menyampaikan keinginan itu cukup mudah,namun kata Haryiadi,pada kenyataannya untuk meningkatkan okupansi hotel tidaklah mudah. Justru,saat ini tidak saja di Jawa Barat,secara nasional tingkat hunian hotel menurun.

“Jadi kalau tadi pak Herman mengeluh okupansi hotel turun,memang benar karena ada penambahan hotel yang tidak diikuti oleh pertambahan permintaan,” kata Haryadi.

Terkait hal tersebut, PHRI mengambil inisiatif untuk mengusulkan kepada rekan-rekan pelaku industri pariwisata dan pemerintah membuat visitor Indonesia.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan foto bersama dengan jajaran PHRI usai pemotongan tumpeng ulang tahun. Foto:Jelajah Nusa/adhi

“Pada saat kami mengusulkan program ini,banyak yang meragukan apa bisa kita berkumpul menyatukan langkah kita untuk mewujudkan apa yang kita cita-citakan. Tapi alhamdulillah per tanggal 12 Desember 2017 lalu, program ini sudah di launching oleh Menteri Pariwisata dan saat ini kita terus bekerja keras mengoptimalkan program ini, dan saya mohon didukungan penuh dari PHRI Jawa Barat,” tegasnya.

Para Chef muda dari Indonesian Association Chef (ICA) ikut memeriahkan HUT ke-49 PHRI dengan memberikan menu hidangan terbaik. Foto:Jelajah Nusa/adhi

Sebelumnya Ketua BPD PHRI Jawa Barat Herman Muchtar mengemukakan konsolidasi hotel dan restauran dalam memasuki tahun politik 2018-2019 menghadapi tantangan digital scientific online yang oleh BPP terjawab dengan melahirkan www.bookingina.com hendaknya bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Disamping itu, hal penting yang sedang PHRI Jabar terus upayakan adalah penyelesaian gedung PHRI. Gedung ini peletakan batu pertamanya dilakukan oleh pak Gubenur Aher. Nah, kami semua pengurus PHRI se-Jawa Barat berharap gedung ini bisa selesai sebelum tanggal 13 Juni 2018 sehingga pak Aher bisa meresmikan,” kata Herman disambut gemuruh tepuk tangan yang hadir.

Perwakilan dari Indonesian Hotel Manager Association (IHGMA) hadir dalam perayaan HUT PHRI. Foto:Jelajah Nusa/adhi

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) merasa ikut bahagia karena PHRI semakin menunjukan eksistensinnya sebagai organisasi yang memiliki kontribusi besar dalam membantu pemerintah dalam menjalankan program pembangunan,utamanya di sektor pariwisata.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat memasuki panggung acara HUT PHRI ke-49 tahun 2018. Foto:Jelajag Nusa/adhi

“Biasanya kalau pemuda sudah mendekati kepala lima,ia akan makin menunjukan kedewasaannya. Begitu pun dengan PHRI, begitu memasuki usia 50, ia akan berada dipuncak kemajuan,” kata Aher mengawali sambutannya.

Menurut Aher, kehadirannya di arena HUT PHRI ini seperti mengulang nostalgia yang lalu. Dimana,saat ia mencalonkan diri sebagai gubernur periode pertama (2008), ia satu-satunya yang hadir saat diundang PHRI dalam acara yang sama.

“Tadi pak Herman Muchtar mengatakan dari sekian calon gubernur yang di undang, hanya Pak Sudrajat (calon gubernur dari Gerindra-PKS) yang hadir. Nah,doa Pak Herman ini kenceng. Alhamdullilah dulu setelah diundang PHRI,saya jadi gubernur,” seloroh Aher yang kembali disambut  riuh tepuk tangan undangan yang hadir.

Para perwakilan hotel bintang lima,empat dan tiga foto bersama usai menerima plakat usaha pariwisata dan dinyatakan lulus sertifikasi. Foto:Jelajah Nusa/adhi

Aher kemudian menyampaikan pantun; jalan-jalan ke Indramayu sungguh indah pemandangannya, PHRI Jawa Barat makin maju karena Pak Herman ketuanya.

Kedepan PHRI diharapkan makin seiring sejalan dalam mengembangkan pariwisata di Jawa Barat dan Indonesia secara umum. Oleh sebab itu, potensi pariwisata yang ada di Jabar harus terus dikelola dengan baik sehingga bisa makin banyak menghadirkan wisatawan.

“Alhamdullilah Jawa Barat oleh Allah diberikan kelebihan keindahan pemandangan yang luar biasa. Tentu semua Indonesia juga indah. Tapi mohon maaf ini pak Haryadi, agak narsis sedikit bahwa sekian itu,Jawa Baratlah yang terindah,” ujarnya.

Direktur PT. Karsa Bhakti Persada Hermanie Soewarma (kiri) menyerahkan plakat usaha pariwisata kepada hotel yang dinyatakan lulus sertifikasi. Foto:Jelajah Nusa/adhi

Dalam rangkaian puncak malam perayaan HUT PHRI juga dilakukan penyerahaan plakat usaha pariwisata dari LSU Pariwisata Karsa Bhakti Persada kepada beberapa hotel yang telah di sertifikasi dan dinyatakan memenuhi peraturan menteri No 53/HM.001/MPEK/2013 tentang Standar Usaha Hotel.

Plakat ini diserahkan oleh Direktur PT. Karsa Bhakti Persada  Hermanie Soewarma kepada hotel The Papandayan (bintang 5),Sahid Eminence Hotel Convention & Resort (5), Holiday Inn Bandung Pasteur (4),Aston Pasteur (4),Grand Tjokro (4),Regata (4),The Majesty (4),West Point (4),Enso Hotel (4),Salak Tower Bogor (4),Amaroossa Royal Bogor (4),Lingga Hotel (3),BTC Hotel (3),Pasar Baru Squer Hotel (3),Verona Palace (3),Puri Khatulistiwa (3) dan Metland Hotel Cirebon (3).

Penyerahan hadiah door prize sepeda motor dari Ketua Umum PHRI Haryadi Sukamdani disaksikan Gubernur Jawa barat Ahmad Heryawan dan Ketua BPD PHRI Jabar Herman Muchtar. Foto:Jelajah Nusa/adhi

Malam gebyar PHRI ditutup dengan pemberikan undian door prize sepeda motor yang diraih undangan dari BPC PHRI Kabupaten Bandung Barat.

Selain Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat Agus Suryaman Sutisno hadir juga dalam acara malam puncak perayaan ke-49 HUT PHRI Nasional,Calon Gubernur Jawa Barat Mayjen (Purn) Sudrajat,Calon Wakil Wali Kota Bandung Rully, Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung Anang Sutono, sesepuh PHRI,IHGMA dan undangan lainnya.

(adh)

 

Check Also

Kemenpar Raih The Best Ministry Of Tourism Di Thailand

JELAJAH NUSA – Sebuah prestasi gemilang diraih kementerian pariwisata dibawah komando Arief Yahya dengan berhasil …

3 comments

  1. Terimakasih liputan majalah jelajah nusa komplitttt

  2. Terimakasih liputan majalah jelajah nusa komplitttt….sangat informatif

    • Terimakasih Bu Ade Mardiah, ikuti terus berita terkini seputar pariwisata di Jelajah Nusa. salam wisata 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id