Wednesday , December 12 2018
Home / Destinasi / Kemenpar Kembangkan Destinasi Digital Vegetarian

Kemenpar Kembangkan Destinasi Digital Vegetarian

Menteri Pariwisata Bapak Arief Yahya saat memberikan sambutan di acara Launching Konser Budaya Alam Nusantara (KBAN) 2018 yang digelar oleh Rumah Alam Bahagia di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta (2/5/2018). Foto:IG

JELAJAH NUSA – Sebuah  Konser Budaya Alam Nusantara (KBAN) 2018 yang akan digelar oleh Rumah Alam Bahagia,Minggu (6/5/2018) mendatang di Jakarta mendapat dukungan dari berbagai pihak. Konser bertema “Harmonis Merangkai Keragaman Menuju Dunia Satu Keluarga” bahkan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Konser dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan komunitas vegetarian, siap mendukung pengembangan kepariwisataan Indonesia dan pencapaian target tahun ini kedatangan 17 juta wisman dan 270 juta pergerakan wisnus di Tanah Air.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi pagelaran KBAN 2018, sebagai upaya mendukung  progran membangun destinasi digital vegetarian di 8 lokasi di berbagai daerah.

Belum lama ini dilakukan soft launching di Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel). Selain itu mendukung pengembangan pasar wisata vegetarian di Indonesia maupun mancanegara.

Menurut The Global Vegetarian Index yang dikeluarkan oleh Oliver’s Travel, Indonesia menempati peringkat 16 dari 183 negara yang ramah vegetarian atau masuk Top-20  Vegetarian-Friendly Countries.

“Ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi menjadi salah satu negara destinasi wisata vegetarian kelas dunia dan banyak diminati para wisatawan dari komunitas vegetarian dunia,” kata Menpar di Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Menurut Menpar, potensi wisatawan komunitas vegetarian seluruh dunia sangat besar dan perlu dioptimalkan agar banyak berkunjung ke Indonesia, terutama dari  5 negara sebagai Top-5 pasar, yakni; Tiongkok, Eropa, Australia, Singapura, dan India.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya pada acara Launching Konser Budaya Alam Nusantara Bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta (2/5/2018). Foto:IG

“Komunitas vegetarian dari Tiongkok sebanyak 50 juta dan India 350 juta, merupakan pasar yang besar dan akan mendorong tumbuhnya restoran vegetarian di Indonesia khususnya kota-kota besar yang menjadi destinasi wisata unggulan kita,” kata Arief Yahya seraya mengatakan, saat ini jumlah restoran vegetarian di Indonesia relatif masih sedikit dibandingkan Malaysia,Thailand maupun  Singapura.

Berdasarkan The Global Vegetarian Index yang dikeluarkan oleh Oliver’s Travel,  jumlah restoran di Indonesia sebanyak 438, sedangkan Malaysia 1.185, Thailand  908 , dan Singapura memiliki 654 restoran vegetarian.

Posisi Top-20 Vegetarian-Friendly Countries, Seychelles berada di urutan teratas, sedangkan Thailand di urutan kedua, dan Malaysia di urutan ketiga.

Penyelenggaraan KBAN 2018 dimaksudkan untuk membangkitkan rasa cinta tanah air, cinta budaya dan alam, bangga menjadi rakyat Indonesia, serta memperkenalkan keindahan alam Nusantara melalui seni dan budaya.

Menurut panitia penyelenggara KBAN,  tujuan konser budaya ini untuk mewujudkan visi Rumah Alam Bahagia yakni ingin membangun masa depan cemerlang bagi dunia dan umat manusia serta  misinya  di antaranya mewujudkan keharmonisan dalam beragam suku dan bangsa  serta menjadikan Indonesia sebagai pusat wisata vegetarian dunia.

Konser musik KBAN menampilkan perpaduan budaya nusantara dan tembang alam dalam bentuk orkestra, tarian, dan tarik suara dengan menampilkan artis penyanyi.

Para penari serta kelompok orkestra yang akan tampil antara lain;  Cakra Khan, Egi Fedly,  Gus Tedja, Exuberant Forest and Prismatic Light Youth Team,  Surya Orchestra & Surya Vocalia,  Nusantara Parade, dan  Batavia Dancer.

(adh)

Check Also

Ribuan Orang Bersiap Mengikuti Pemuteran Bay Festival

JELAJAH NUSA – Kabupaten Buleleng,Bali dipastikan bakal riuh-rendah oleh ribuan pengunjung. Apalagi kalau bukan karena …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id