Wednesday , December 12 2018
Home / Destinasi / Keindahan Curug 7 Ciamis Yang Mempesona

Keindahan Curug 7 Ciamis Yang Mempesona

Curug Ciseda di Kabupaten Ciamis,Jawa Barat ini masih dikelilingin alam yang asri di area pedesaan. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Kabupaten Ciamis,Jawa Barat sejak lama memang sudah dikenal sebagai “kota istirahat”. Bahkan ada juga yang menyebutkanya kota pensiunan. Udaranya yang masih asri,keindahan alam pegunungan yang mempesona  membuat Ciamis pun menjadi pilihan banyak orang untuk berlibur.

Beberapa spot wisata pun bisa dikunjungi seperti air terjun atau Curug Tujuh Cibolang di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata alam yang menawarkan banyak keindahan.

Terletak di kaki Gunung Sawal di Desa Sandingtaman curug ini juga dikenal sebagai Curug Tujuh. Hal itu dikarenakan banyaknya air terjun yang letaknya tersebar namun berdekatan.

Untuk menuju lokasi curug pertama, wisatawan harus berjalan kaki dari pintu masuk jaraknya sekitar beberapa ratus meter. Pengunjung diharuskan mendaki tangga batu yang cukup tinggi.

Tapi tak perlu khawatir, selama perjalanan pengunjung tidak akan merasa lelah. Sepanjang perjalanan ada pemandangan hutan pinus yang menyegarkan mata ditambah dengan udara yang sejuk khas pegunungan, menambah sensasi berpetualang di alam.

Sampai di lokasi curug pertama, pengunjung langsung bisa menikmati curug yang menjulang dengan ketinggian lebih dari 50 meter.

Air curug yang tidak pernah surut itu langsung bisa terasa sampai ke muka dengan sensasi dingin. Hembusan dari air yang jatuh menimbulkan percikan-percikan air yang dibarengi dengan angin.

Di bawah curug terdapat kolam air cukup dalam sampai perut orang dewasa. Di kolam ini pengunjung bisa berendam sambil menikmati pijatan dari air curug yang jatuh atau hanya bermain air bersama keluarga.

Air curug ini berasal dari mata air Cimantaja yang beradal dari Gunung Sawal. Untuk curug lainnya memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Juga memiliki keunikan tersendiri.

Menurut warga di sana, 7 curug ini memiliki nama tersendiri yakni Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Cimantaja, Curug Cileutik dan Curug Cibuluh. Ketujuh curug ini mengalirkan air ke Sungai Cibolang dan Cimantaja.

“Curug tujuh ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang indah, sangat cocok untuk menenangkan pikiran dari aktifitas sehari-hari,” ujar salah seorang pengunjung lokal.

Berwisata ke curug tersebut dijamin tidak pernah merasa bosan. Terlebih lagi setiap kali datang dapat mencoba mengunjungi curug yang berbeda.

“Seharian berwisata di curug tujuh tidak akan cukup. Masih kurang. Intinya saya ke sini hanya refreshing saja. Tidak perlu jauh, kalau alam yang indah di Ciamis juga banyak,” paparnya.

Anda berminat. Bikinlah rencana berlibur ke Kota Ciamis.

(adh)

Check Also

Ribuan Orang Bersiap Mengikuti Pemuteran Bay Festival

JELAJAH NUSA – Kabupaten Buleleng,Bali dipastikan bakal riuh-rendah oleh ribuan pengunjung. Apalagi kalau bukan karena …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id