Sunday , August 19 2018
Home / Destinasi / Jokowi-Modi Bisa Dorong Peningkatan Kunjungan Wisatawan

Jokowi-Modi Bisa Dorong Peningkatan Kunjungan Wisatawan

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri India, Sri Narendra Modi menerbangkan layang-layang bersama di Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (30/5/2018), disaksikan Menpar Arief Yahya dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Dua pimpinan negara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi dinilai bisa menjadi  “endorser” (bintang iklan)  yang akan memberikan dampak pendorong minat wisatawan India berkunjung ke Indonesia.

“Dua kepala negara ini menjadi ‘endorser’ yang dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan kedua negara,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta,kemarin, usai mendampingi Presiden Jokowi menyaksikan Indonesia-India Kite Exhibition di Monas.

Sebelumnya, kedua pemimpin negara itu bermain layang-layang dan menyaksikan pameran layang-layang bertajuk Indonesia-India Kite Exhibition yang digelar di lapangan Silang Monas Jakarta.

Acara ini merupakan rangkaian penyambutan kunjungan PM Narendra Modi ke Indonesia dalam rangka meningkatkan persahabatan sekaligus memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India.

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri India, Sri Narendra Modi saling berjabat tangan dengan latar belakang patung kuda. dalam cerita Maha Barata.Foto:IG

“Tahun ini kita menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari India sebanyak 700.000 atau meningkat 30 persen dari jumlah kunjungan wisman India ke Indonesia tahun 2017 sebanyak 485.000 wisman,” kata Arief Yahya.

Menpar mengatakan masih banyak tantangan untuk meningkatkan kunjungan wisman India, utamanya aksesibilitas atau konektivitas penerbangan langsung dari kota-kota di India yang menjadi sumber wisman ke destinasi di Indonesia.

“Saat ini baru ada direct flight Garuda Indonesia dari Mumbai ke Denpasar. Awal Mei saya ke India, mereka minta ‘direct flight’ ke New Delhi,” katanya.

Untuk meningkatkan kunjungan wisman India, Menpar memiliki keinginan mendatangkan artis India.

“Ada tawaran ke kita untuk menyelenggarakan India Internasional Film Festival, namun membutuhkan sponsor besar dari para pebisnis. Artis merupakan ‘endorser’ kuat. Kita ingin mendatangkan artis India ke Bali,” kata Menpar.

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri India, Sri Narendra Modi foto bersama dengan para delegasi kedua negara di Tugu Monas. Foto:IG

Arief Yahya menjelaskan masih banyak kendala yang dihadapi dalam mendatangkan wisman India khusus untuk destinasi di luar Bali, karena masing-masing destinasi tersebut harus ikonik.

Misalnya, destinasi Yogyakarta memiliki Candi Prambanan sebagai ikonnya. Selain itu makanan atau kuliner harus menyesuaikan kebutuhan wisman India yang sebagian besar vegetarian atau vegan.

“Wisman India 20 persen adalah vegetarian, itu pun banyak kelasnya. Bagusnya, Garuda Indonesia sudah menyiapkan makanan khusus tersebut,” kata Arief.

Usai bermain layang-layang, Presiden Jokowi bersama PM India Narendra Modi menyempatkan melihat pameran layang-layang yang menampilkan berbagai gambar berkarakter.

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri India, Sri Narendra Modi berjalan usai melihat tugu Monas. Foto:IG

Ada layang-layang bergambar Mahabharata sebagai karakter khas India dan layangan bergambar wayang menjadi khas Indonesia.

Layang-layang menjadi salah satu permainan yang populer di India karena hampir setiap daerah di India mempunyai layang-layang yang khas.

Setelah meninjau Kite Exhibition, Kedua kepala negara melakukan foto bersama di pelataran Monas, dilanjutkan dengan mengunjungi Masjid Istiqlal Jakarta.

Dalam kesempatan kunjungan ke Masjid Istiqal, Presiden Jokowi banyak menyelaskan soal arsitektur bangunan masjid.

(adh/ant)

 

Check Also

70 Ribu Detik Yang Menggemparkan Cianjur

JELAJAH NUSA – Gegap gempita mulai terasa saat bedug subuh ditabuh. Ratusan ribu masyarakat Cianjur,Jawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id