Wednesday , August 22 2018
Home / Destinasi / Geliat Kuliner Kota Pekanbaru Menakjubkan

Geliat Kuliner Kota Pekanbaru Menakjubkan

Teras Kayu Resto yang berada di Jalan Sudirman,Kota Pekanbaru ini selalu ramai pengunjung. Foto:Jelajah Nusa/Adhi

JELAJAH NUSA – Tiga tahun terakhir ini Kota Pekanbaru,Provinsi Riau memperliatkan geliat pertumbuhan bisnis kuliner yang luar biasa. Saat ini banyak bermunculan kafe,resto hingga street food yang selalu dipenuhi pengunjung.

Tren ini juga tak terlepas dari budaya masyarakat setempat yang menjadikan kuliner sebagai bagian dari wisata. Mereka memiliki kebiasaan  makan di luar bersama keluarga,sahabat atau relasi kerja. Sehingga hampir setiap hari, tempat makan selalu ramai pengunjung.

Di sepanjang Jalan Arifin Ahmad,misalnya, berjajar usaha kuliner mulai dari resto,cafe,bar hingga rumah tenda dengan berbagai macam menu masakan  yang ditawarkan.

“Setiap hari semua tempat makan selalu ramai. Apalagi memasuki akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu jumlah pengunjung  meningkat,” kata Heri, Pemerhati Kuliner saat  menemani Jelajah Nusa menyusuri beberapa pusat kuliner di Kota Pekanbaru, pekan ini.

Menurut Heri, wisata kuliner menjadi andalan di Pekanbaru mengingat kota ini jauh dari laut atau pantai dan pegunungan. Pekanbaru hanya punya sungai Siak,sungai paling dalam. Selebihnya kekuatan kota ada di kuliner.

Jangan heran, jika melihat pusat-pusat kuliner menyebar di beberapa pelosok kota. Termasuk angkringan yang berdiri di beberapa sisi trotoar jalan protokol.

Kita mulai dengan Teras Kayu Resto. Tempat ini termasuk baru namun tidak pernah sepi pengunjung sejak dibuka. Terletak di Jl. Durian dan Jl. Sudirman (seberang Sudirman Square), Teras Kayu Resto menjadi pilihan tepat bila ingin berkumpul bersama keluarga, teman maupun kerabat.

Menunya cukup lengkap mulai dari menu ayam, bebek, daging, seafood dan dimasak dengan beragam metode seperti goreng, bakar, asam manis, masak saus mentega dan beberapa pilihan lain.

Harganya pun cukup bersahabat dengan kantong, bahkan ada menu paket hematnya. Favorit saya disini adalah Gurami bakar, Siput asam manis dan bebek goreng sambal korek.

Rumah Makan Roso Lawas Pekanbaru yang menghadirkan konsep family. Foto:IG

Kemudian ada Roso Lawas. Terletak di Jl. Arengka dan Jl. Sisingamangaraja, Roso Lawas menghadirkan susana keluarga dan menu-menu sederhana namun menggugah selera serta harganya bersahabat. Ada  Bebek Jingkrak, Bebek Goreng Lawas dan Tahu Hot Plate. Minuman Favorit saya Teh Tarik dan Smoothies Manggo.

Aktivitas para chef di Tengah Kota Bistro & Kofi yang bisa disaksikan pengunjung. Foto:Adhi

Tengah Kota Bistro & Kofi. Resto ini memang berada tepat di tengah kota Pekanbaru,tepatnya di Jalan A Yani dengan  menghadirkan kuliner khas nusantara dan eropa yang dipadukan interior modern yang “kekinian”. Restoran yang mengusung tagline “citarasa maksimal, harga minimal” ini mulai berdiri pada 26 September 2017.

Bistro ini menampilkan desain interior ruangan yang unik dan memiliki beberapa tempat yang mampu menarik perhatian pengunjung untuk berswafoto (selfie). Bistro ini menyediakan tempat makan dengan pilihan “indoor” atau “outdoor”.

Dibagian belakang bistro juga tersedia taman kecil, yang dihiasi dengan tumbuhan, air mancur serta didukung dengan perpaduan warna yang menarik disekitarnya.

Ingin mendengar cerita lain? Ada Dr’s Koffie di Jalan Arifin Ahmad yang  mengusung tema Clasic wood dengan sedikit sentuhan nuansa Bali. Fasilitas lain disini adalah garden nan hijau berada di belakang bangunan menyanjikan suasana nan nyaman.

Para tamu juga disiapkan fasilitas dinning room dengan kapasitas 80 seat, back Garden dengan kursi payung sebanyak 50 seat.

Lalu, di lantai dua, ada lounge smoking area dengan kapasitas 50 seat dan ruang VIP berkapasitas 30 hingga 40 seat dilengkapi infocus dan screan dan soundsystem.

“Yang menarik dari Dr’s Koffie ialah spot-spot foto yang keren dan selalu kita poles setiap 4 bulan sekali agar selalu Fresh,” kata Supervisor Dr’s Koffie, Tessa.

Masih dikawasan yang sama, ada  Food Opera.Resto bernuansa timur tengah. Hidangannya berbumbu dan spicy cocok dengan selera orang Sumatera pada umumnya. Bila Anda membawa anak-anak ada satu menu yang cocok yaitu Nasi Mandhi karena tidak pedas.

Ada lagi  Koki Sunda – Terletak di Jl Sudirman (sebrang Sudirman Square).Tempatnya luas dan pilihan makanannya banyak. Keunggulan disini adalah Anda bisa refill lalap sayur dan rujak buah gratis. Menu andalan disini ada sup ikan, sate ayam kuah kacang.

Kuliner lainnya adalah Warkop pinggiran 45.Kafe ini  menyediakan berbagai menu klasik, meskipun hanya sekedar kopi. Pengunjung juga akan ditemani oleh live musik dan dj yang kerap manggung disana.

Agar suasana makin ramai,managemen kafe kerap mengundang artis ibu kota untuk manggung ini kafe ini. Inilah beberapa resto yang bisa disinggahi. Namun masih banyak lagi pusat kuliner yang memiliki kekhasan tersendiri.

Anda tertarik.Cobalah bertandang ke Pekanbaru.

(adh)

Check Also

Pesona Keindahan Puncak Eurad Pingping

JELAJAH NUSA – Berbicara  tentang liburan di Lembang, Bandung, Jawa Barat, banyak loh tempat-tempat menarik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id