Wednesday , October 17 2018
Home / Destinasi / Festival Tidore 2018 Pas Buat Penggemar Wisata Bahari

Festival Tidore 2018 Pas Buat Penggemar Wisata Bahari

Pulau Piramida, Kota Tidore Kepulauan. Pulau ini juga disebut sebagai Pulau Kaya akan rempah-rempah sekaligus negeri para raja. Foto:IG

JELAJAH NUSA –  Yang suka wisata bahari dan budaya, baiknya kosongkan jadwal pada pertengahan Maret hingga April 2018. Akan ada Festival Tidore yang siap menyapa pada 29 Maret- 12 April 2018. Acaranya bakal makin seru.

Makin ciamik. Akan ada banyak suguhan istimewa yang siap menemani liburan Anda. Setidaknya ada top 3 event yang sudah disiapkan. Yaitu Parade Juanga, Penjelajahan Paji, dan prosesi kerajaan oleh Sultan Tidore. Selain itu, juga ada pembukaan Museum Maritim Dunia di Istana Tidore.

Kepala Dinas Pariwisata Tidore, Yakub Husain mengatakan, lewat festival ini wisatawan diajak mengenal berbagai prosesi adat tanah Tidore.

Ada prosesi Kota Tupa, prosesi Tag Jie, prosesi Rora Dange Ake Dango dan pawai Ny Puja Nyilu. Yang pasti semua prosesi ini sangat kental dengan nilai budaya dan tradisi daerah kepulauan ini.

“Yang paling menarik perhatian yaitu perahu-perahu tradisional yang unik dan tari-tarian menawan khas Maluku Utara. Seperti tarian tradisional Cakalele dan Soya-soya,” ujar Yakub dalam keterangan persnya.

Untuk sampai ke Tidore, dari Jakarta Anda bisa terbang menuju andara Babullah, Pulau TernatBe. Ada maskapai Garuda, Sriwijaya Air dan Lion Air yang menempuh rute ini setiap hari.

Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan lewat darat ke pelabuhan Bastiong sekitar 10 menit. Dari situ transportasi laut harus ditempuh.

Dari pelabuhan Bastiong menuju pelabuhan Rum di Pulau Tidore tersedia kapal feri waktu tempuh 30 menit dan speed boat waktu tempuh hanya 5 menit.

“Hotel yang tersedia memang baru satu. Tapi kami sudah menyiapkan guest house dan telah mengkoordinir rumah-rumah warga yang bisa dijadikan homestay,” kata Yakub.

(adh)

Check Also

Wonderful Indonesia Sukses Gelar Table Top Meeting Di Laos

JELAJAH NUSA – Sebuah catatan positif ditorehkan duta Wonderful Indonesia  di Laos dan Kamboja. Lewat table …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id