Kejar Target Kunjungan Wisatawan, Pemprov Jabar Launching West Java Calendar of Event 2019

Pers Conference Launching West Java Calendar of Event 2019.

Jelajahnusa.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat me-launching West Java Calendar of Event 2019 di The Trand Luxury Hotel Bandung, Jalan Gatot Soebroto, Bandung, Selasa (25/6/2019). Rencananya, Pemprov Jabar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan menggelar 262 event sepanjang 2019.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Dedi Taufik mengatakan, awalnya terdapat 465 yang terdaftar. Namun, setelah dikurasi, pihaknya memutuskan untuk menggelar 262 event.

Dari 262 event tersebut, terbagi menjadi beberapa katagori, yakni 85 event bertema kebudayaan, 83 event bertema kuliner, 24 event bertema olahraga, 6 event religi, 113 event seni dan budaya, serta 11 event bertema pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik.

”Tahun ini, Jawa Barat memiliki enam event yang masuk dalam 100 Indonesia Wonderful Calendar of Event 2019. Yakni Asia Afrika Festival, Mizan Al Sufi, Pesona Budaya Garut, Ciletuh Geopark Festival, Tour de Linggarjati, dan Festival Budaya Cirebon,” ungkap Dedi.

Dia berharap, banyaknya event di Jabar bisa mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2019 sebanyak 1,83 juta dan kunjungan wisatawan nusantara 48 juta.

Sedangkan target kunjungan wisatawan 2019-2023 untuk mancanegara sebesar 3 juta dan wisatawan dan wisatawan nusantara 60 juta orang.

”Untuk mencapai target tersebut, ada beberapa strategi yang akan dilakukan. Pertama, melalui perbaikan sarana prasarana serta peningkatan destinasi agar daya tarik wisata semakin menarik, dan kedua dengan melengkapi event yang menarik bagi wisatawan dan mempromosikannya,” ungkap Dedi.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan beragam kegiatan unik dan menarik bisa mendatangkan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Sehingga bisa menggeliatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Emil ini menambahkan, jika total event di West Java Calendar of Event 2019 ini ada 262, berarti setiap dua hari sekali minimal akan ada satu atau dua festival (acara pariwisata) yang digelar. ”Ini menandakan produktivitas karena festival itu kan hiburan ya. Sehingga orang ingin menampilkan sisi budaya sisi kreativitasnya,” imbuhnya. (taofik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here