Menpar Arief Yahya Resmikan Enhaii Corner 186

Jelajahnusa.com, BANDUNG –  Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung terus mendorong mahasiswanya untuk menjadi seorang wirausahawan. Salah satunya, dengan mendirikan Enhaii Corner 186 sebagai wadah para mahasiswa untuk mengembangkan minat entrepreneur.

Enhaii Corner 186 ini diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya ditemani Ketua STP NHI Bandung Faisal, Senin (16/9/2019). Arief mengatakan, mahasiswa yang memiliki minat entrepreneur harus diberi wadah.

”Enhaii Corner ini menjadi tempat prakteknya mahasiswa dalam kewirausahaan. Saya minta 10 persen lulusan perguruan tinggi pariwisata harus menjadi entrepreneur. Untuk STP NHI Bandung sudah bagus, sudah 21 persen. Untuk itu, harus ada dua upaya besar yang kita lakukan. Pertama, membuat kurikulum entrepreneurship. Kita sudah kerja sama dengan SBM ITB dan kedua membuat tempat parkteknya,” ungkap Arief.

Enhaii Corner 186 ini memiliki tujuh booth kuliner dan satu foodtruck bisa dibuat mobile ke luar kampus. ”Point saya, anak-anak mempunyai tempat untuk merealisasikan mimpinya jadi entrepreneur. Buat perusahaan yang mau memberikan CSR-nya saya akan sangat berterima kasih. Sementara ini, sudah ada dua perusahaan yang support yaitu Angkasa Pura dan BRI,” imbuhnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2019, STP NHI Bandung telah melahirkan 92 orang yang tergabung dalam Batch IV atau 13,2 persen dari total mahasiswa T.A. 2018-2019 yang mengikuti Program Inkubasi Wirausaha. Dalam rangka mendukung program Kementrian Pariwisata yakni mengembangkan entrepreneur di bidang pariwisata, STP NHI Bandung turut berkontribusi dengan menciptakan UPA (Unit Practice   Assessment) Enhaii Corner 186 bagi mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan dan telah mengikuti inkubasi di Enhaiipreneur Center. Program pembentukan UPA merupakan salah satu usaha yang di lakukan STP NHI Bandung didalam mencapai target 10% dari lulusan setiap tahunnya.

Pengalaman praktek berbisnis secara nyata akan menjadi pengalaman serta pembelajaran yang sangat berarti bagi mahasiswa. Kehadiran Enhaii Corner 186 di STP NHI Bandung sebagai UPA, merupakan suatu terobosan baru yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lain. (taofik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here