Bekraf dan STP Bandung Gelar Bootcamp bagi Para Startup Bisnis Digital

Tanya jawab peserta dengan narasumber pada Bootcamp II Bekraf For Pre-Startup (BEKUP) 2019 di STP Bandung, Jalan Dr. Setiabudhi Nomor 186, selama dua hari (6-7/7/2019).

Jelajahnusa.com, BANDUNGBadan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung menggelar Bootcamp II Bekraf For Pre-Startup (BEKUP) 2019 di STP Bandung, Jalan Dr. Setiabudhi Nomor 186, selama dua hari (6-7/7/2019). Bootcamp II ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua STP Bandung Faisal dan Keynote Speech dari Kasubdit Perancangan TIK Bekraf Menhariq Noor.

Selama dua hari, para peserta diberi materi tentang pengembangan bisnis di industri digital. Materi yang diberikan antara lain: Review Tugas Pitch & Coverage, Business Model Architype & Trend, Business Model Desig, Oportunity Discovery, UX Design & Activation Flow, Produsct 1.0 Design dan lain-lain.

Ketua STP Bandung Faisal mengatakan, tujuan dari bootcamp ini untuk menambah jumlah para talent-talent startup yang berguna untuk membangun ekonomi bangsa. Menurut dia, saat ini manusia dihadapkan pada era ekonomi kreatif. Pemerintah berencana akan memfokuskan ekonomi kreatif menjadi tulang punggung ekonomi nasional ke depan.

Ketua STP NHI Bandung Faisal.

”Tentu dalam konteks pariwisata, ekonomi kreatif ini yang akan mendorong pengembangan industri pariwisata. Artinya, ini tugas yang mulia namun besar tantangannya ke depan, sehingga harus dipersiapkan dari sekarang,” ujar Faisal dalam sambutannya.

Selain itu, industri pariwisata ini tidak lepas dari digital. Menurut dia, teknologi menjai penting dalam mendorong pariwisata di Indonesia. Inilah, kata Faisal, menjadi jurus jitu Menteri Pariwisata untuk mendorong pertumbuhan industri pariwisata dan ujungnya menarik para wisatawan oleh digital.

”Oleh karenanya, kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Mudah mudahan para peserta yang memiliki latar belakang teknologi mampu di-blanded dengan teman-teman kami di STP NHI Bandung,” ungkap Faisal.

Sementara itu, Kasubdit Perancangan TIK Bekraf Menhariq Noor mengatakan, pada 2014, industri kreatif menyumbang lebih dari 7,5 persen untuk PDB Indonesia dalam menyediakan lapangan kerja bagi 11.8 juta pekerja dan menciptakan 5 juta lebih unit bisnis baru.

Kasubdit Perancangan TIK Bekraf Menhariq Noor.

”Untuk menstimulasi perkembangan industri kreatif di Indonesia, Presiden Jokowi kemudian membentuk Badan Ekonomi Kreatif. Sejak itu, Bekraf telah menjalin banyak kemitraan dengan banyak institusi,” ungkapnya.

Menhariq Noor menambahkan, perkembangan starup di indonesia bisa dikatakan cukup pesat dan menggembirakan. Setiap tahun, bahkan setiap bulan banyak startup yang lahir menawarkan inovasi atas local problem. Sekarang ini, terdapat setidaknya 1500 starup lokal yang ada di indonesia.

”Pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat menjadi lahan basah untuk mendirikan starup. Namun, untuk bisa bersaing dengan negara lain seperti Malaysia, China, dan Korea Selatan yang juga tengah giat mendorong tumbuhnya starup, Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi startup yang kreatif, inovatif dan revolusioner. Oleh sebab itu, Bekraf melaksanakan Program BEKUP sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah rintisan yang sukses melalui proses sistematis dan terukur, ” imbuh dia.

Dia menambahkan, Tahun ini BEKUP dilaksanakan di triga Kota yakni di Kota Bandung bekerjsama dengan STP Bandung, kemudian di Yogyakarta kerjsama dengan Univesitas Gadjah Mada (UGM) dan Depok kerjasama dengan Universitas Indonesia.

Kepala Unit Enhaiipreneur Center STP Bandung Sukmadi (paling kanan).

Di tempat sama, Kepala Unit Enhaiipreneur Center STP Bandung Sukmadi mengatakan, Bootcamp II diikuti oleh berbagai perguruan tinggi dan alumni di seluruh Jawa Barat.

”Sebelum ini telah dilaksanakan event sama Sabtu-Minggu (29-30 Juni 2019) dan dilanjutkan coaching clinic tentang Digital Starup pada Jumat (5 Juli 2019) bertempat di Enhaiipreneur Center,” ungkap Sukmadi.

Dia menambahkan,  para peserta merupakan pemula yang sudah memiliki bisnis di bidang digital maupun yang baru akan memulai. Menurut dia, event ini tidak akan berhenti sampai Bootcamp II, namun akan ada rangkaian event yang lebih besar lagi untuk mematangkan bisnis para peserta. (taofik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here