Akparindo Berikan Pelatihan Masyarakat Desa Wisata di Sunten Jaya Bandung Barat

Kepala Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Akparindo Bandung Rachmat Astiana MM.Par saat memberikan materi.

Jelajahnusa.com, BANDUNG – Kementerian Pariwisata Indonesia bekerja sama dengan kelompok Sadar Wisata dan perguruan tinggi Mengembangkan Desa Wisata berbasis pendampingan.  Salah satu desa wisata yang mendapatkan pendampingan adalah Desa Sunten Jaya Kabupaten Badung Barat.

Sebagai upaya untuk mewujudkan program tersebut diadakanlah kegiatan Pelatihan Masyarakat Desa Wisata di Desa Sunten Jaya Kabupaten Bandung Barat pada Selasa (28/5/2019). Kegiatan ini diinisiasi dan difasilitasi oleh Kementrian Pariwisata Indonesia dan sudah berlangsung dari bulan Maret sampai akhir Juni 2019. Untuk wilayah Bandung ini merupakan kegiatan yang kedua kali setelah di Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan.

Para Peserta Pelatihan Masyarakat Desa Wisata menyanyikan lagu Indonesia Raya di Desa Sunten Jaya Kabupaten Bandung Barat pada Selasa (28/5/2019).

Kasubid Sadar Wisata Kementrian Pariwisata Indonesia Arum Damarintyas menyampaikan bahwa tujuan diadakan program ini adalah sebagai pentaholiks model dari akademisi yang meliputi dosen dan mahasiswa yang bisa memperkenalkan desa wisata yang dibinanya. Sebagai bagian dari penelitian , pengembangan dan pengabdian masyarakat diaharapkan perguruan tinggi bisa memberikan pemahaman desa wisata kepada masyarakat tentunya dengan tidak menjual desa wisata tetapi dengan kearifan lokal bisa memperkenalkan desa wisata kepada masyarakat luas.

”Dengan pemaparan dari para pemateri seperti sadar wisata maka kegiatan ini diharapkan memberikan manfaat lebih kepada masyarakat di desa wisata, bagaimana melayani tamu yang menginap di home stay, kerapihan kamar, kebersihan kamar mandi, bagaimana bersopan santun kepada tamu yang berkunjung ke desa wisata dengan mengimplimentasikan sapta pesona yang akhirnya nanti setiap tamu atau pengunjung ke desa wisata akan medapatkan kenangan manis dari desa wisata,” ujar Arum.

Para Peserta kompak saat foto bersama.

Kegiatan ini akan berkesinambungan. Pendampingan akan dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa dari perguruan tinggi yang menjadi pendamping desa wisata. Salah satu perguruan tinggi yang mendampingi Desa Sunten Jaya Kabupaten Bandung Barat adalah Akademi Pariwisata Nasional Indonesia (Akparindo) Bandung. Kepala Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Akparindo Bandung Rachmat Astiana MM.Par menjadi Ketua Kelompok Pendamping Desa Wisata Sunten Jaya. (taofik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here