Dua Mahasiswa STP NHI Bandung Ikuti PATA Annual Summit 2019 di Filipina

Jelajahnusa.com, FILIPINA – PATA Annual Summit (PAS) 2019 sukses digelar pada 9 Mei s/d 12 Mei 2019 bertempat di Radison Blue Hotel, Cebu, Filipina. Acara ini diwarnai dengan berbagai macam  program di setiap harinya. PAS 2019 mengusung tema ”Progress with a Purpose”.

Acara bertemakan Progress with a Purpose ini dihadiri oleh 249 delegasi dari 37 negara. Program ini menampilkan para 36 pembicara hebat dari Industri maupun Pemerintah Pariwisata dan industri terkait lainnya. PAS 2019 menyatukan international thought leaders, young tourism professionals dan  senior decision-makers yang terlibat dalam kawasan Asia Pasifik. Acara ini mencakup forum global untuk meningkatkan pertumbuhan berkelanjutan, nilai dan kualitas pariwisata. Selain konferensi, ada juga beberapa acara yang dirancang khusus untuk pengembangan profesional antara lain PATA Youth Symposium, PATA-UNWTO Ministerial Debate, The PATA DNA (Development & Training Academy) Assembly dan PATA Committee Meetings.

Sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab  dalam pengembangan dan pengelolaan perjalanan dan pariwisata di kawasan Asia Pasifik,  PAS  2019 ini  menyoroti tantangan mendasar, masalah dan peluang industri perjalanan dan pariwisata dan bagaimana secara bersama – sama dapat membawa perubahan yang dapat ditindaklanjuti lebih baik. Konferensi ini akan menguji praktik-praktik terbaik, studi kasus, dan mendengar dari orang-orang yang membuat perubahan, bukan hanya untuk meningkatkan keuntungan mereka, tetapi untuk membawa perubahan masa depan yang lebih baik.

Dalam Program PATA Youth Symposium ini menyajikan presentasi tentang Progress with a Purpose, The Future of Sustainable Destination Branding, Purposeful Innovation and Disruptive Change, PATA DNA (Development & Networking Academy): Empowering Your Future Development dan Progressing Alongside Community. Adapun beberapa hal utama yang didiskusikan antara lain: We are moving from ‘responsible destination marketing’ to ‘responsible destination management, Progress With Purpose, Through collaboration and knowledge sharing, we can discover many solutions to the industry’s problems,  Involving young tourism professionals with the problem solving at an early stage could lead the way to solutions in the future, Technology should not be the main driver of decision-making. Development, especially that of tech, is most effective when it helps to empower everyone collectively, Achieving success in any project requires supporters dan Pro-tip for young tourism professionals: there is no single perfect job.

Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung turut berpartisipasi dalam PAS 2019 ini dengan mengutus kedua mahasiswa dari jurusan perjalanan yaitu Yoseph Oktavianus Ndate (MBP-6) dan Nurwinda Febriani (SIP-6) serta  Dosen pembimbing, Ina Veronika Ginting SSos, MI Kom.  Dalam kegiatan bertajuk PATA DNA Assembly, mahasiswa perwakilan STP NHI Bandung mempresentasikan tentang STP Bandnug beserta past program dan future program yang sudah dan akan dilakukan di hadapan 35 PATA Chapter Student dari 12 Universitas dan 9 mentor yang diundang.

Dalam acara PATA-UNWTO Ministerial Debate, PAS 2019  melihat bahwa perubahan sosial, politik, lingkungan dan ekonomi sangat dramatis. Terlepas dari gangguan dan fluktuasi ini, industri perjalanan tetap tangguh dan menunjukkan pertumbuhan yang stabil di seluruh sektor. Namun, industri harus selalu dapat beradaptasi dan berevolusi untuk masalah apa pun yang mungkin akan timbul. PATA-UNWTO Ministerial Debate akan membahas tantangan terbesar yang dihadapi industri perjalanan dan pariwisata saat ini.

Selain daripada itu, ada pula beberapa program penting yang digelar antara lain, Government/Destination Meeting, Honours Committee Meeting, Sustainability and Social Responsibility Committee Meeting, Human Capital Development Committee Meeting, Supervisory Board-Finance Meeting dan Extraordinary Meeting for Members. Program ini dikhususkan bagi delegasi dari pemerintahan dan pelaku industri pariwisata dan perjalanan.

PAS 2019 ini juga menyediakan kesempatan sempurna bagi para delegasi untuk menjelajahi dan menikmati banyak atraksi, keajaiban alam, kekayaan budaya dan warisan, dan keramahan Filipina. Selain itu, semua delegasi mendapat kesempatan untuk menciptakan pengalaman baru mereka sendiri, mendapat pengalaman dan pengetahuan seputar industri perjalanan dan pariwisata, serta memperoleh lebih banyak lagi networking yang berguna bagi masa depan mereka. (rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here