Mahasiwa STP NHI Bandung Gelar Seminar Internal Advenced Research

Mahasiswa prodi SIP STP NHI bandung sedang mempresentasikan hasil penelitiannya di hadapan penguji.

Jelajahnusa.com, BANDUNG – Mahasiswa jurusan Studi Industri Perjalanan (SIP) Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung menggelar Seminar Internal Advanced Reseach dengan mengambil tema ”Smart, Digital and Nomadic Tourism” di Gedung E perkuliahan STP NHI Bandung, Rabu (15/5/2019).

Ketua Program Studi (Prodi) Studi Industri Perjalanan STP NHI Bandung Dwiesty Dyah Utami mengatakan, seminar ini merupakan hasil penelitian para mahasiswa dengan penguji dari yang merupakan pakar dari kampus lain seperti UPI, ITB, Polban dan Binus. Para penelaah ini telah memiliki ID Scopus.

”Seminar ini merupakan penelitian akademis yang dilaksanakan oleh mahasiswa Prodi SIP semester 6. Dalam Advenced Reseach ini, mahasiswa diarahkan melakukan penelitian dan mampu menangkap fenomena tren industri pariwisata khususnya industri perjalanan,” ujar Dwiesty kepada Jelajahnusa.com.

Dia menambahkan, mahasiswa diberikan keleluasaan mencari topik berdasarkan fokus penelitian yaitu smart tourism, digital tourism dan nomadic tourims. Dalam penelitian ini, mahasiswa dibagi menjadi sembilan kelompik yang masing masing kelompok terdiri dari tiga mahasiswa dan satu pembimbing dengan judul penelitian berbeda-beda. Yang membuat bangga, menurut Dwiesty, para mahasiswa membuat judul sangat kreatif. Mereka bisa menangkap dan menyesuaikan dengan fenomena yang terjadi saat ini.

Tim penguji mengajukan pertanyaan kepada peneliti.

Waktu penelitian dilakukan selama satu semester. Namun, pengambilan data dilakukan selama tiga minggu di lapangan sebagaimana lokasi khusus (lokus) penelitian. Setelah menyelesaikan tugas tersebut, baru lah para mahasiswa mempresentasikan hasilnya di hadapan para penelaah.

”Dari pera penelaah akan memberikan masukan dan evaluasi. Nanti, hasilnya akan dijadikan jurnal ilmiah dan dipublish secara nasional. Mudah-mudahan bisa tembus internasional,” ungkapnya. (taofik)

Berikut Judul-judul Advanced Resech Seminar :

  1. Smart tourism destination di Kota Bandung
  2. Implementasi model smart airport sebagai atraksi wisata buatan di Bandar Udara Internasional Jabar (BIJB) Kertajati
  3. Penerapan Technology Acceptance Aplikasi Grab sebagai Smart Tourism Tools di Kota Bandung
  4. Pengaruh Electronic Wolrd Mouth (e-WOM) terhadap keputusan berwisata di Kota Bandung
  5. Pengaruh strategi promosi melalui media sosial di Pasar Kaki Langit sebagai Destinasi Digital
  6. Pengaruh media sosial Instagram terhadap motivasi berwisata di Lembang, Kabupaten Bandung Barat
  7. Preferensi wisatawan dalam memilih akomodasi berbasis nomadic tourism di Kabupaten Bandung
  8. Pengaruh kualitas unggahan foto di Instagram terhadap keputusan berkunjung wisatawan milenial pada daya tarik wisata di Kabupaten Bandung Barat
  9. Persepsi wisatawan mengenai Orchid Forest sebagai kawasan wisata digital di Kabupaten Bandung Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here