Poltekpar Palembang dan Pemkab Belitung Jalin Kerja Sama

Sinergi antara Poltekpar Palembang dan Pemkab Belitung.

Jelajahnusa.com, PALEMBANG – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Belitung di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Belitung. Kerja sama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Direktur Poltekpar Palembang Zulkifli Harahap dan Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem).

Zulkuifli mengatakan, MoU dilandasi karena sebagai langkah menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Menurut dia, kerja sama ini bertujuan untuk penguatan sumber daya manusia (SDM) Pariwisata di Kabupaten Belitung yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata.

MoU antara Direktur Poltekpar Palembang Zulkifli Harahap dan Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem).

”Banyak agenda yang akan dilakukan. Salah satunya, penelitian dosen dan mahasiswa di Lokasi Khusus serta membina Desa Wisata Terong. Desa wisata ini akan menjadi Binaan Poltekpar Palembang sengan memberdayakan masyarakat. Di lokasi ini, akan dibangun home stay, pengembangan produk olahan makanan, pengembangan pelayanan makanan dan minuman serta pengembangan atraksi pariwisata,” ungkap Zulkifli.

Zulkifli menyebut, Belitung merupakan salah satu wilayah yang sedang dikembangkan pemerintah karena termasuk pada 10 destinasi Bali Baru. Potensi Belitung dengan geopark nasionalnya yang megah.

Direktur Poltekpar Palembang Zulkifli Harahap (kiri) dan Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem).

Sementara itu, Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengaku senang bisa bekerja sama dengan Poltekpar Palembang. Menurut Sanem, kerja sama dengan perguruan tinggi mampu mencetak SDM yang berkualitas. Terlebih, Belitung sedang konsen membangun pariwisata.

”Kerja sama dengan Poltekpar Palembang diharapkan bukan hanya sebagai formalitas. Namun, betul-betul diwujudkan untuk membangun skill SDM. Apalagi, Belitung memiliki SMK Negeri 3 Tanjungpandan. Lulusan SMK Negeri 3 Tanjungpandan diharapkan bisa melanjutkan pendidikan di Poltekpar Palembang,” ungkapnya. (taofik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here