Tiga Traveller Populer Indonesia Berbagi Tips di Travel Mart 2019

Para Traveller sedang berbagi pengalaman di acara Talkshow di Travel Mart 2019 STP NHI Bandung.

Jelajahnusa.com, BANDUNG – Traveller influencer menjadi tren dalam beberapa tahun ini setelah booming di Instagram. Sebenarnya, banyak anak-anak muda yang menjadi traveller populer lewat tulisan-tulisannya di blog. Di antaranya, Mochammad Adis, Ashari Yuda dan Satya Winnie.

Ketiga blogger traveler ini berbagi tips bagaimana memulai perjalanan ke destinasi-destinasi unggulan di Indonesia hingga mancanegara. Mereka konsisten menggali objek wisata mulai dari alam, seni hingga budaya.

Mochammad Adis mengatakan, dirinya menjadi traveller sejati lantaran ”balas dendam” karena cintanya dengan sang kekasih kandas jelang pernikahannya. Sang Founder Whatravel ini bercerita, saat dirinya sudah matang mempersiapkan pernikahan, calon istrinya menginginkan praweding di Labuan Bajo, Bulan Madu ingin di  Easton, hingga ingin nonton konser Cloud Play sudah dia persiapkan. Namun, dua minggu jelang nonton konser, sang kekasih meminta putus. Padahal, semua sudah dia persiapkan mulai dari tiket pesawat hingga konsernya.

”Saya sudah iyakan apa keinginnya, tapi malah minta putus. Akhirnya, saya travelling untuk mengobati rasa sakit ini,” ujar dia.

Sampai sekarang, dirinya sudah ratusan kali travelling ke destinasi wisata di Indonesia hingga mancanegara. Menurut dia, semua provinsi di Indonesia sudah dia singgahi. Selain itu, dirinya juga sudah berkelana ke 42 negera di 4 Benua.

Mochammad Adis

”Saya punya prinsip. Nekat aja. Naik apa saja yang penting nyampe, tidur dimana saja yang penting istirahat dan makan apa saja yang penting kenyang,” ujar Adis membagikan tipsnya.

Sementara itu, Satya Winnie mengatakan, banyak traveller pemula yang terjebak oleh popularitas media sosial. Menurut dia, kepopuleran media sosial adalah fana.

Dirinya senang travelling karena bisa banyak belajar. Menurut dia, travelling adalah sebuah pembelajaran langsung dari alam.

”Kalau dari saya tipsnya, saat bepergian itu harus selalu positif thinking. Saya malah suka menginap di rumah penduduk. Saya jarang di hotel mewah. Selama kita berbuat baik, tak ada yang perlu dikhawatirkan,” ungkap dia,

Trik yang dia lakukan saat traveling ialah menyiasati budget. Menurut dia, saat tiket pesawat mahal, dirinya bisa memanfaatkan moda tranportasi kapal laut yang jauh lebih murah. Namun, menggunakan kapal Pelni harus memiliki waktu yang panjang.

Dia menambahkan, saat naik Kapal Pelni, waktu tempuh relatif lama. Namun, dari situ bisa mendapat banyak pengalaman. Seperti saat pelni berlabuh, dirinya bisa sambil ke pasar mampir.

”Banyak kendala saat traveling, terutama kita sebagai perempuan. Tapi, jika kita bersikap baik, sopan dan menyesuaikan pakaian kita di lingkungan baru, selalu saja ada pertolongan. Saya sudah sering ditolong oleh bapak-bapak yang kebetulan ngopi di warung dan memberi tumpangan tidur. Pastinya, kalau saya menerima bantuan asal di rumah yang berkeluarga. Kalau mas-mas yang single dan tinggal sendiri mah jangan mau (ikut nginap) nanti timbul masalah dan fitnah,” ujar dia.

Sementara itu, Ashari Yuda mengaku lebih menyukai wisata kebudayaan. Menurut dia, jika wisata alam seperti laut, dari ujung Indonesia Barat sampai Timur pun sama warnanya biru. Bukit sama warnanya hijau. Namun, jika berbicara kebudayaan, tiap wilayah memiliki karakteristik dan ciri khasnya berbeda.

”Saya lebih suka datang ke suatu tempat, lalu duduk dan berbicara banyak dengan orang baru soal kehidupannya. Kebetulan saya bukan orang yang naratif bisa mendeskripsikan sesuatu. Saya lebih suka menulis apa yang disampaikan orang lain,” ungkap dia.

Pemilik situs Catatan Backpaker ini mengaku menyukai makanan esktrem. Dirinya tertantang jika harus memakan makanan yang mentahan.

Yudha pun memberikan tips saat travelling. Menurut dia, saat perjalanan harus mengetahui batas diri. ”Jangan cuma ingin gaya, tapi kita lupa akan kewajiban kita di rumah. Kalau saya, urusan rumah sudah selesai baru bisa berangkat,” pungkas Yudha. (taofik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here