Poltekpar Palembang Tembus Pasar Dunia

Jelajahnusa.com, PALEMBANG – Sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu faktor utama dalam menopang implementasi revolusi industri 4.0. Namun, SDM yang dibutuhkan oleh industri saat ini adalah yang memiliki kompetensi dalam pemanfaatan teknologi digital. Sementara SDM Pariwisata tidak bisa lepas dari aktivitas industri global.

Guna menjawab tantangan tersebut Politeknik Pariwisata Palembang menyediakan sarana dan prasarana praktik standar internasional agar dapat membentuk mahasiswa untuk menembus pasar dunia. “Ini merupakan upaya bagaimana mensejajarkan SDM pariwisata Sumsel dengan SDM pariwasata level dunia,” kata Direktur Poltekpar Palembang Dr Zulkifli Harahap MMPar, di ruang kerjanya, Kamis (9/5) lalu.

Poltekpar sendiri memiliki tiga program utama yakni 3C, (curriculum, certification, dan central excellence). Program itulah yang dijalankan untuk meningkatkan daya saing SDM pariwisata yang ada di Sumsel. “Ini sudah kita lakukan dan kita buktikan. Ada beberapa mahsiswa yang diterima magang di belahan dunia,” katanya.

Hingga saat ini, Poltekpar Palembang telah bekerjasama dengan berbagai industri luar negeri untuk melakukan Praktik Kerja Nyata (PKN)/Internship 2019 ini mengirimkan 10 orang mahasiswa/i di Hotel Equatorial Pineng, Malaysia, 2 orang di Hotel Anantara Abu Dhabi UAE, 2 Orang di Hilton Garden Inn dan Hilton Resort and Spa Ras Al Khaimah UAE, dan 1 orang di Hotel Marriot Marquis Queen’s Park Bangkok, Thailand.

“Bukan hanya itu saja untuk pengiriman batch selanjutnya Politeknik Pariwisata Palembang akan mengirimkan mahasiswa/i di hotel Courtyard by Marriot Brussel, Belgia dan hotel Crescent Dallas, United States America,” katanya.

Dikatakannya bahwa pariwisata meruoakan sektor core bisnisnya Indonesia. Sehingga pemertintah melalui Kementerian Pariwisata menginginkan SDM pariwisata berstandar internasional.

“Selain mencetak sdm level dunia itu, Poltekpar juga mencetak setidaknya 10 persen dari lulusan menjadi wirausaha. Dalam hal ini Poltekpar Palembang sudah ada ptogram incubator bisnis,” tuturnya.

Dengan begitu, lanjutnya setelah lulusam nanti para mahasiswa Poltekpar juga mampu menciptkan lapangan pekerjaan, apapun jenisnya. “Artinya nanti kita berharap tumbuhlah perekonomian khususnya Sumsel melalui sektor pariwisata, yang sedang Poltekpar kerjakan,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here