Optimistis Hotel Syariah Bisa Bersaing

Agung Prasetio
CEO Refresentative Cinnamon Hotel

NEGARA di berbagai belahan dunia kini mulai menerapkan konsep wisata halal. Hal ini karena populasi umat muslim di dunia yang sangat banyak.

Wisata Halal pun membuka peluang bagi hotel syariah untuk berkembang. Owner Representative Cinnamon Hotel Boutique Syariah Agung Prasetio mengaku optimistis industri hotel syariah akan terus tumbuh.

”Masih banyak (hotel) yang malu-malu mengakui kalau dirinya syariah walau dari segi makanannya katanya halal. Tapi, Hotel Cinnamon ini dari awal kita sudah branding kalau kita ini hotel syariah,” ujar Agung kepada Jelajah Nusa di jalan Dr. Setiabudi. belum lama ini.

Menurut dia, hotel yang salah satu pemiliknya ustadz kondang Aa Gym ini secara tegas melarang pasangan non muhrim untuk menginap. Jadi, tamu Cinnamon hanya boleh untuk pasangan sah suami istri.

Saat chek in, recepcionis akan mengecek bukti pernikahan calon tamu. Bukti pernikahan bukan hanya surat nikah, tapi boleh foto saat pernikahan atau KTP dengan alamat yang sama.

Menurut Agung, hotel syariah di Kota Bandung ataupun Indonesia bisa dihitung jari. Menurut dia, dengan konsep syariah, terkadang banyak orang yang alergi. Namun, Hotel Cinnamon berhasil membuktikan bahwa hotel Syariah juga bisa diterima dengan baik di masyarakat.

”Sejak dibuka dua tahun lalu, kita sudah punya lima ribu daftar tamu. Sebanyak 25 persennya repeat lagi. Jadi artinya, memang banyak orang yang merasa puas,” ujar Agung.

Lebih lanjut dia mengaku tertarik ke dunia perhotelan karena ingin ibadah. Awalnya, pria yang sudah malang melintang di indutri tambang, otomotif, konstruksi sama sekali tidak tertarik di dunia perhotelan.

”Saya selalu ingin mencoba hal yang baru. Hotel Cinnamon ini adalah hotel pertama saya. Dari dulu saya pernah bekerja di tambah, otomotif, konstruksi dan bidang lainnya. Pas ada kesempatan di hotel, saya pikir why not? Alhamdulillah, saya dapat hotel yang cocok karena  bisa sekalian syiar Islam,” ujarnya.

Hotel Cinnamon memang sejak awal pendirinannya sudah mengukuhkan diri sebagai hotel syariah. Agung mengatakan, setidaknya hotel ini memiliki sembilan keunikan dan keunggulan dibanding yang lain.

Sembilan keutamaan dari slogan hotel Cinnamon ini adalah jika menginap harus pasangan mahram, welcome drink air zam zam dan kurma, disediakan peralatan shalat tiap kamar, adzan speaker tiap kamar dan di arena publik, siaran TV langsung dari Mekah dan Madinah, shalat berjamaah tepat waktu, tahajud wake up call apabila dipesan tamu, 100 persen makanan halal dan saat chek out tamu diberikan souvenir beruma pohon kayu manis alias Cinnamon.

Tesk : Opik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here