Sunday , August 19 2018
Home / Aktivitas / Atalia Kamil Kagumi Antusiasme Warga Moskow

Atalia Kamil Kagumi Antusiasme Warga Moskow

Peta destinasi Indonesia terpasang di pelataran kantor KBRI Moskow,tempat berlangsungnya Festival Indonesia tahun 2018. Foto:dok

JELAJAH NUSA – Hadir dalam Festival Indonesia yang berlangsung di Moskow,Rusia, istri Wali Kota Bandung Atalia Praratya Kamil merasa kagum dengan antusiasme warga setempat terhadap seni dan budaya tanah air.

“Jujur, saya sangat terkejut dan  merasa bangga menjadi orang Indonesia. Karena apa, karena ternyata Indonesia, khususnya KBRI Moskow sanggup untuk membuat sebuah kegiatan yang luar biasa,” kata Atalia di Rusia,Minggu (5/8/2018).

Antusiasme warga Moskow untuk melihat kerajinan asal Indonesia yang ditampillan di stand Festival Indonesia. Foto:IG

Istri Gubernur terpilih Jawa Barat Ridwan Kamil ini mengaku kehadirannya  di Moskow bukan khusus menghadiri Festival Indonesia. Namun untuk membuka peluang bisnis. Namun karena bertepatan dengan digelarnya Festival Indonesia, ia pun menyempatkan untuk datang dan melihat langsung kegatan festival yang ia nilai berjalan sukses tersebut.

Istri Wali Kota Bandung Atalia Praratya hadir di Festival Indonesia yang berlangsung di Moskow. Foto:IG

“Saya tadi melihat bagaimana masyarakat Rusia termasuk para turis yang hadir itu nampaknya mereka sangat tertarik dengan budaya kita,” sambungnya.

Atalia mengatakan dirinya sempat berkeliling melihat-lihat booth UMKM yang ada di Festival Indonesia. Dia senang karena banyak pelaku usaha dan desainer dari Kota Bandung yang terlibat.

Kuliner Indonesia, diantaranya Sate Maranggi juga menjadi incaran para pengunjung di Festival Indonesia. Foto:IG

Dia mengaku sangat tertarik mengajak agar Pemkot Bandung dan Pemprov Jawa Barat terlibat dalam festival ini tahun depan.

“Harapannya adalah mudah-mudahan bisa membuka peluang bagi pelaku usaha Kota Bandung, Jawa Barat dan Indonesia untuk nanti bisa hadir di Rusia, khususnya Moskow,” katanya.

Both Kota Malang yang tampil di Festival Indonesia Moskow juga ramai dikunjungi warga Moskow. Foto:IG

Menurut Atalia, di Bandung  pelaku usaha sangat banyak, termasuk para  desainer. Oleh sebab itu kalau potensi ini tak di ekplore keluar,sangat sayang.

“Insyaallah kita akan dukung terus UKM kita, untuk juga bisa tampil di acara Fesival Indonesia,” tegasnya.

Atalia yang berada di Rusia sejak 2 Agustus lalu dan kembali lagi ke Indonesia, Minggu (5/8/2018) dalam rangka menjajaki kerjasama usaha.

Warga Rusia mengambil spot foto dengan latarbelakang Candi Borobudur. Foto:IG

“Kami kan punya program Little Bandung. Mudah-mudahan nanti kalau sudah masuk ke Jawa Barat, kita bikin lagi. Litttle Bandung itu kita punya empat. Little Bandung Mobile, walk, exhibition sama Little Bandung store. Beberapa kota-kota di dunia sudah punya termasuk di Malaysia, Korea dan lain-lain itu ada Little Bandung Store. Kita lagi membuka peluang itu,” jelasnya.

Atalia belum mau membuka informasi siapa-siapa saja pihak yang ditemuinya terkait kunjungan ke Moskow.

“Ada beberapa tapi ini masih informal sifatnya. Jadi nggak perlu saya sampaikan dulu lah ya,” ujarnya.

Atalia kemudian menemui Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus M Wahid Supriyadi yang kebetulan berada di lokasi.

Warga Rusia berdesakan saksikan pertunjukan wayang kulit di Festival Indonesia ketiga di Moskow (4/8/2018).
Festival berlangsung tanggal 3-5 Agustus 2018. Foto:IG

Mereka kemudian berbincang-bincang. Di lokasi juga tampak hadir istri Dubes Wahid, Murgiyati Supriyadi, serta Wakil Duta Besar RI untuk Rusia, Lasro Simbolon.

Atalia menyampaikan harapannya kepada Dubes Wahid agar Jawa Barat bisa terlibat dalam Festival Indonesia tahun depan. Dubes Wahid pun merespons positif niat tersebut.

(adh/dtk)

Check Also

70 Ribu Detik Yang Menggemparkan Cianjur

JELAJAH NUSA – Gegap gempita mulai terasa saat bedug subuh ditabuh. Ratusan ribu masyarakat Cianjur,Jawa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id