Tuesday , December 11 2018
Home / Destinasi / Aplikasi Gurilaps,Permudah Wisatawan Pilih Destinasi Jabar

Aplikasi Gurilaps,Permudah Wisatawan Pilih Destinasi Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membentangkan spanduk tagar #HayuKaJabar usai meluncurkan aplikasi Gurilaps,Sabtu (17/11/2018) di Gedung sate. Foto:Dok

JELAJAH NUSA – Kini tak perlu repot lagi tanya kesana kemari untuk bisa tau paket-paket wisata apa saja yang menarik di Jawa Barat. Cukup masuk dalam satu aplikasi,maka semua pilihan pariwisata bisa kita dapatkan.

PT Jaswita (Jasa dan Pariwisata) sebagai Badan Usaha Milik daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat telah meluncurkan aplikasi Gurilaps dan situs gurilaps.com. Aplikasi ini bertujuan  mempermudah wisatawan mengakses objek wisata di Jabar.

Gurilaps merupakan sebuah platform pemesanan berbasis online, di mana calon wisatawan bisa dengan cepat memilih dan memesan kegiatan dan pengalaman berwisata di Jawa Barat dengan paket yang paling lengkap dan harga yang kompetitif.

Untuk sementara, sebanyak 26 objek wisata ditawarkan dalam aplikasi tersebut yang sudah dapat diunduh sejak Sabtu, 17 November 2018, melalui ponsel berbasis android atau IOS.

Adapun paket wisata yang ditawarkan di antaranya paralayang di Majalengka, wisata rafting Citumang Pangandaran, wisata rimba di Cileunca, dan wisata hutan di Kareumbi Cicalengka.

“Tahun depan kami targetkan jumlah destinasi wisata yang ditawarkan sebanyak seratus objek wisata gunung udara rimba laut pantai dan sungai di Jabar,” ujar Direktur Utama PT Jaswita Ade Dikdik Isnandar usai peluncuran Gurilaps di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung, Sabtu, (17/11/2018).

Menurut dia, melalui pemesanan dari Gurilaps tersebut calon wisatawan akan terhubung dengan provider atau mitra usaha di tempat wisata yang dipilih. Pihaknya menawarkan paket yang termasuk pada tiket masuk, makan hingga penginapan atau one stop service.

“Jumlah pemesan bisa lima orang bahkan bisa dicostumize tergantung dengan permintaan misalnya untuk 100 orang,” ujar dia.

Melalui inovasi tersebut, kata dia, pihaknya mendukung Pemprov Jabar sebagai provinsi wisata dan juga berharap bisa mendongkrak PAD.

Pengunjung Gedung Sate Festival berfoto dengan backdroup yang sudah disediakan panitia festival. Foto:adhi

Sementara itu, Gubernur Jabar Mochamad Ridwan Kamil menuturkan,  selain merilis Gurilpas, ada dua inovasi yang pihaknya luncurkan saat itu.

Khusus pariwisata pihaknya memang ingin menjadikan Jabar sebagai provinsi pariwisata terbaik.

Definisi terbaik tersebut tidak hanya menciptakan destinasi 25 selama lima tahun. Namun pihaknya mengajak masyarakat ikut serta.

“Kami ajak masyarakat upload tempat baru di kampungnya ke sebuah website wonderfulwestjava.com, nanti warga Jabar silakan upload tempat, maupun event nanti dikurasi oleh dinas kebudayaan dan pariwisata Jabar. Kalau lolos nanti masuk ke website itu, itu trafiknya udah bagus,” ujar dia.

Foto:adhi

Yang kedua, Gurilaps, aplikasi dari bumd Jaswita agar bisa memesan yang namanya pariwisata adventure gunung, udara, rimba, wisata hutan, laut, pantai dan sungai seperti rafting tanpa harus telfon tinggal melakukan pemesanan melalui telefon genggam maupun perangkat komputer.

“Yang masuk di aplikasi Gurilaps ini sudah terverifikasi,” kata dia. Artinya selain kemudahan reservasi, ketersediaan paket wisata mengedepankan kenyamanan dan keamanan saat berwisata, karena didampingi oleh pendamping wisata berpengalaman.

Foto:adhi

Semua paket wisata yang ditawarkan Gurilaps sudah dikurasi oleh Koperasi Wanadri dan juga dilindungi asuransi dari Jasa Raharja Putera.

Dengan Gurilaps, Ridwan menargetkan jumlah wisatawan di Jabar meningkat. Saat ini sebanyak 70 juta wisatawan nusantara tercatat mengunjungi objek wisata di Jabar.

Dengan aplikasi tersebut potensi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke Jabar bisa mencapai 100 juta per tahunnya.

Tentu selain menyasar target wisatawan,aplikasi ini juga membantu masyarakat di Jawa Barat yang ingin menentukan pilihan berlibur.

(adh)

Check Also

Ribuan Orang Bersiap Mengikuti Pemuteran Bay Festival

JELAJAH NUSA – Kabupaten Buleleng,Bali dipastikan bakal riuh-rendah oleh ribuan pengunjung. Apalagi kalau bukan karena …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id