Tuesday , August 21 2018
Home / Destinasi / Ada 49 Pantai Baru di Jabar

Ada 49 Pantai Baru di Jabar

Pantai Rancabuaya, Garut. Dalam Kajiannya yang dilimpahkan ke Pemprov SBM ITB menemukan 49 pantai baru yang belum tergali optimal. Foto: IG

JELAJAH NUSA- Jawa Barat memang terbilang kaya oleh potensi wisatanya, terutama wisata alami seperti pantai. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) ditemukan 49 titik baru pantai di daerah selatan Jawa Barat yang belum tergali optimal.

Lebih lanjut temuan tersebut dilimpahkan kepada Pemprov Jabar. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Ida Hernida mengatakan, saat ini ke 49 pantai tersebut masih belum banyak terjamah oleh pengunjung. Padahal, kalau dikembangkan potensinya luar biasa.

“Pantai Jabar Selatan terbentang dari Ujung Genteng, sampai ada Rancabuaya tapi yang terkenal beberapa saja,” katanya.

Ida menjelaskan, ke 49 pantai tersebut sangat potensial karena memiliki panorama luar biasa dan keunikan tersendiri. Meski demikian, Ia mengaku belum mendata pantai tersebut.

Untuk diketahui, beberapa pantai yang sudah dikenal diantaranya Rancabuaya, Sontolo dan Ujung Genteng.

Menurutnya untuk menghidupkan pantai tersebut, setiap Pemda terkait harus berusaha mengembangkannya secara terintegrasi.

Selain itu, pantai yang belum terjamah tersebut juga membutuhkan akses jalan serta sentuhan lain. Selain peran dari pemerintah, dukungan serupa dibutuhkan dari pengusaha, komunitas, dan stakeholder lainnya.

Misalnya dari segi kuliner hingga penginapan. Tahun ini, kata Ida, untuk mempromosikan Jabar Selatan, dinasnya memiliki program hot deal yakni paket khusus di luar masa liburan untuk mengisi hotel kosong saat week day.

“Di hari selain liburan kami buat paket diskon besar-besar,” katanya.

(IDS)

Check Also

Atlet Asian Games Terkesan Penyambutan Di Sari Ater

JELAJAH NUSA – Ada yang menarik dalam penyambutan Atlet Asian Games yang akan berlaga di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id