Monday , June 18 2018
Home / Destinasi / Eksotisnya Jembatan Gantung Situ Gunung

Eksotisnya Jembatan Gantung Situ Gunung

Fenomena Jembatan Gantung terpanjang di Jawa Barat kini menjadi destinasi favorit di Kawasan Taman Nasional Gunung Pangrango,Sukabumi. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Periode Juni-Juli seperti sekarang waktunya yang pas untuk mengunjungi beberapa destinasi. Selain memasuki masa libur, dibulan ini juga cuaca sedang diberada puncak terbaik. Pegunungan terlihat menghijau karena tak tertutup kabut.

Nah,bagi yang belum memilih spot destinasi. Kawasan ini bisa menjadi pilihan. Namanya, Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP) di Sukabumi,Jawa Barat. Meski sudah tidak asing lagi, namun ada yangh menarik saat kita memasuki wilayah ini.

Sebuah wahana baru  berupa jembatan gantung yang berada di area kawasan TNGP dijamin membuat adrenalin kita berdegup kencang.

Seorang pengunjung Jembatan Situ Gunung,Sukabumi foto dengan latar belakang jembatan sepanjang 250 meter. Foto:IG

Jembatan gantung ini diklaim sebagai jembatan gantung terpanjang di Jawa Barat. Jembatan yang membentang diatas hutan ini menghubungkan kawasan Situ Gunung ke kawasan Curug Sawer.

Jembatan Gantung Sukabumi ini memiliki panjang mencapai 250 meter dengan ketinggian 150 meter dan lebar 2 meter. Berada diketinggian yang membentang melintasi hutan yang asri akan menjadi pengalaman tersendiri.

Jembatan Gantung terpanjang ini berlantaikan kayu dengan jaring baja pembatas kiri kanan. Wisatawan akan merasakan sensasi adrenalin yang luar biasa, karena saat berada di atas jembatan akan terasa goyangan dari hembusan angin.

Tentu tidak perlu khawatir akan kekuatan jembatan in. Dirancang oleh tenaga ahli, jembatan ini ditopang 8 bentangan sling baja utama.

Dua sling baja di bagian atas jembatan serta enam lainnya dipasang di bagian bawah. Dengan begitu setiap dua meter bentangan jembatan akan ditopang sling baja pengait antara sling baja bagian bawah dan atas. Sehingga struktur jembatan ini mampu menahan beban hingga 70 ton.

Berada di kawasan wisata Situ Gunung dan Curug Sawer memberikan kelebihan wisata ini. Dengan mendatangi salah satu tempat wisata ini, wisatawan akan mendapatkan fasilitas wisata lengkap. Banyak fasilitas di lokasi yang terkenal akan jembatan gantungnya ini.

Fasilitas tersebut diantaranya fasilitas umum berupa Parkir luas, Toilet, Kamar Mandi, Warung makan dan lain – lain.

Selain itu ada juga wahana permainan di Jembatan gantung Sukabumi ini, wahana tersebut seperti Fyling Fox, Perahu Sampan, Camping Ground dll. Wisatawan dapat menikmati dan berlibur dikawasan yang asri ini dengan membayar Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi yang berlaku.

Berapa harga tiket masuk ke kawaan ini?

Tiket Masuk Jembatan Situ Gunung Rp.27.500. Untuk Flying Fox Rp.25.000, Perahu Rp 20.500, dan tarif camping Rp 32,500. Biaya Parkir Situ Gunung, Motor Rp 3.000 dan Mobil Rp 5.000

Lokasi jembatan gantung ini berjarak sekitar 700 meter dari pintu masuk TNGGP Resort. Tepatnya terletak di Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.

Anda berminat?

(adh)

Check Also

Arus Balik – Bandung Arah Lembang Macet Hingga 5 KM

JELAJAH NUSA – Arus lalu lintas di Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, menuju Lembang, Kabupaten Bandung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id