Monday , June 18 2018
Home / Destinasi / Ragit,Kuliner Khas Palembang Hadir Lagi

Ragit,Kuliner Khas Palembang Hadir Lagi

Ragit, kuliner khas Palembang,Sumatera Selatan muncul lagi. Makanan ini hanya ada pada saat bulan suci Ramadhan. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Ragit merupakan kuliner khas dari Palembang,Sumatera Selatan yang banyak dijual para pedagang pada bulan Suci Ramadhan untuk menu berbuka puasa.

“Saya berjualan ragit hanya saat bulan Suci Ramadhan saja di pasar bedug,” kata salah seorang pedagang, Siti Zubaidah (60) di Palembang, Minggu (27/5/2018)

Makanan khas Palembang ini mirip seperti roti jala dari India yang bentuknya bisa segitiga, bisa pula seperti dadar gulung.
Makanan ragit ini biasanya disantap dengan kuah daging kari.

Menurut dia, banyak yang menyukai makanan khas Palembang itu untuk menu berbuka puasa. Ragit itu dijual dengan harga Rp6.000 perbungkus, katanya.

Bentuknya seperti martabak India, Ragit ini dihidangkan dengan kuah kari. Foto:IG

Ia menyatakan, kalau sudah 10 tahun berjualan ragit di pasar bedug yang keuntungan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Kalau hari biasa, saya bekerja di katering, tetapi kalau Ramadhan berjualan di pasar bedug,” ujarnya.

Selain berjualan ragit, ia juga menjual lauk pauk siap saji seperti ayam kecap, sambal ikan asin dan lainnya. Ia membuka dagangan di pasar bedug itu mulai pukul 14.00 WIB dan tutup pukul 18.00 WIB.

Hal yang sama diutarakan pedagang lainnya, Kemas Ali yang mengaku jualan ragit setiap bulan puasa di pasar bedug. Ragit itu dijual dengan harga Rp2.000 sampai Rp2.500 perbuah.

“Saya juga melayani pesanan,” tuturnya.

(adh/ant)

Check Also

Arus Balik – Bandung Arah Lembang Macet Hingga 5 KM

JELAJAH NUSA – Arus lalu lintas di Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, menuju Lembang, Kabupaten Bandung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id