Friday , May 25 2018
Home / Destinasi / Ribuan Warga Badui Rayakan Seba

Ribuan Warga Badui Rayakan Seba

Masyarakat Badui berdatangan ke Gedung Pendopo Pemkab Lebak,Provinsi Banten untuk mengikuti Perayaan Seba. Ada ribuan masyarakat Badui yang ikut dalam ritual tahunan ini. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Ribuan Masyarakat Badui memadati Gedung Pendopo Pemkab Lebak untuk merayakan seba, penyerahan hasil bumi, tahunan setelah menempuh perjalanan puluhan kilometer.

“Perayaan seba tahun ini dihadiri 1.620 warga Badui Dalam dan Badui Luar,” kata Ketua Panitia Perayaan Seba Wawan Ruswandi di Lebak, Jumat (20/8/2018)

Perayaan seba itu tentu kewajiban masyarakat Badui untuk menjalin silatuhrahmi dengan mendatangi bupati dan pejabat Kabupaten Lebak.

Mereka menyerahkan hasil pertanian ladang, diantaranya pisang, beras, gula merah, anek makanan, petai dan buah-buahan.

Ribuan masyarakat Badui memadati jalanan kota Lebak untuk mengikuti Perayaan Seba,Jumat (20/4/2018). Foto:IG

Penyerahan hasil bumi itu diserahkan kepada bupati Lebak sebagai wujud syukur hasil pertanian tersebut.Masyarakat Badui yang tinggal di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak hanya mengandalkan kehidupan pertanian lahan darat dan tidak memerlukan sarana dan prasarana pertanian.

Meski demikian, hingga kini masyarakat Badui belum pernah terjadi kerawanan pangan karena hasil pertanian disimpan di lumbung-lumbung pangan atau rumah “leuit”.

Puteri Indonesia Banten 2018 – Puteri Indonesia Lingkungan 2018 Vaniaf Herlambang dan juga Puteri Indonesia Pariwisata 2018 Situng Kirwilda menerima kain iket ketika berada di Desa Ciboleger, Kabupaten Lebak – Banten untuk mengikuti perayaan Seabad SEBA BADUY 2018. Foto:IG

“Kami berharap seba tahun ini memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Badui,” katanya menjelaskan.

Perayaan seba dimulai pukul 20.00 WIB dihadiri mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga putri Indonesia Sonia Fergina Citra.

Ketua Umum Partai Demokrat SBY  ditemani sang istri Ani Yudhoyono menghadiri perayaan Seba Baduy dengan mengenakan iket. Ia  langsung disapa oleh para warga Lebak.

Beberapa warga pun banyak yang ingin meminta foto bersamanya. Setelah itu, SBY mengikuti acara ritual bersama para warga Baduy.

Warga Badui Dalam Lebak Banten berjalan puluhan kilometer untuk mengikuti Perayaan Seba. Foto:IG

“Ini merupakan warisan nenek moyang kita. Tadi dialognya segar. Baduy, dengan segala nilai budaya dan adatnya. Saya senang sekali, Pemerintah Lebak dan Baduy memperhatikan mereka semua,” kata SBY, usai menghadiri Seba Baduy, di Pendopo Kabupaten Lebak, Banten.

Masih menurut Wawan Ruswandi, perayaan seba di Lebak tahun ini meriah juga menggelar stand aneka kerajinan masyarakat Badui juga produk pelaku UKM lainnya guna meningkatkan pendapatan ekonomi.

“Kami berharap seba itu menjadikan destinasi wisata budaya masyarakat Badui sehingga bisa mendatangkan pengunjung domestik dan mancanegara,” ujarnya.

Kepala Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak yang juga tokoh Badui Saija mengatakan masyarakat Badui merupakan kewajiban melaksanakan perayaan ritual seba.

Putri Indonesia ikut berjalan kaki bersama masyarakat Badui untuk memeriahkan Perayaan Seba. Foto:IG

Masyarakat Badui setelah merayakan seba di Kabupaten Lebak akan dilanjutkan ke Provinsi Banten, Sabtu (21/4).

“Kami akan bertemu dengan Bapak Gubernur Wahidin Halim dan pejabat Pemprov Banten lainnya,” katanya.

Ia mengatakan, selama ini masyarakat Badui di pedalaman Kabupaten Lebak hidup dengan damai dan aman.Namun, masyarakat Badui berkeinginan mendapat bantuan perluasan lahan oleh Pemprov Banten.

Sebab, saat ini lahan Badui dari luas 5.100 hektare diantaranya dihuni masyarakat dan permukiman serta garapan pertanian seluas 2.000 hektare.

Sedangkan, 3.100 hektare kawasan hutan adat dan tidak diperbolehkan adanya penebangan karena bisa menimbulkan malapetaka bencana alam.

Masyarakat Badui tahun ke tahun bertambah dan saat ini mencapai 11.600 jiwa.

“Kami berharap Pemprov Banten menambah perluasan lahan dengan melakukan pembebasan lahan di sekitar wilayah perbatasan Badui,” katanya.

(adh/ant)

Check Also

Aher Berharap Penerbangan Husein Segera Pindah Ke BIJB

JELAJAH NUSA – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berharap seluruh penerbangan komersil di Bandara Husein …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id