Monday , June 25 2018
Home / Destinasi / Kemendikbud Dorong Masyarakat Garut Cintai Film Indonesia

Kemendikbud Dorong Masyarakat Garut Cintai Film Indonesia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar nonton bareng di Kabupaten Garut sebagai upaya mendorong masyarakat mencintai Film Indonesia. Foto:Ist

JELAJAH NUSA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya mendorong masyarakat Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan berbagai kegiatan termasuk menggelar nonton bersama untuk meningkatkan kecintaan produk film Indonesia dengan pesan pendidikan.

“Pemutaran film ini agar dapat menumbuhkan minat masyarakat, sehingga semakin mencintai produk film Indonesia,” kata Kepala Sub-Bidang Tenaga Perfilman Pusat Pengembangan Perfilman pada Kemendikbud Puspa Dewi, saat acara nonton bersama “My Stupid Boss” di Markas Kodim 0611 Garut,pekan ini.

Ia menuturkan, Pusat Pengembangan Perfilman memiliki banyak program untuk mendorong masyarakat Indonesia, salah satunya di Kabupaten Garut untuk dapat menikmati dan lebih mencintai film layar lebar karya anak-anak bangsa.

Salah satunya, kata dia, memutarkan film yang banyak ditonton di bioskop untuk kembali diputar di daerah terpencil atau perkotaan yang tidak punya fasilitas ruang bioskop seperti di Garut.

“Program memutarkan film di daerah terpencil atau perkotaan di daerah agar bisa menikmati film Indonesia, sehingga terdorong juga masyarakat untuk membuat film,” katanya lagi.

Ia mengungkapkan, saat ini perfilman Indonesia sedang tumbuh pesat, bahkan jumlah penontonnya terus meningkat hingga sekarang 42 juta penonton.

Namun jumlah bioskop yang tersedia, kata dia, hanya 1.600 layar artinya belum ideal jika dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya.

“Selama ini bioskop itu hanya ada di kota besar, sehingga kita putar di sini untuk menyampaikan pesan-pesan yang mengandung pendidikan karakter dan menghibur,” kata dia.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ferdiansyah menyatakan, kegiatan nonton bersama film layar lebar dan diskusi tentang perfilman itu dalam rangka memperingati Hari Film Indonesia.

Ia menyampaikan, film yang ditayangkan secara terbuka bagi masyarakat Garut itu, merupakan hasil pilihan yang memenuhi kriteria yakni unsur pendidikan dan kebudayaan serta film yang layak tonton bagi masyarakat.

“Ini untuk menghibur masyarakat dan juga menyampaikan pesan menggelorakan perfilman Indonesia, khususnya di daerah pemilihan saya ini (Garut),” katanya.

Kegiatan nonton bersama itu disambut antusias masyarakat perkotaan Garut yang digelar di lapangan Markas Kodim 0611 Garut.

Rencananya kegiatan serupa akan dilaksanakan di daerah pelosok Garut, Kecamatan Cikajang, dan sejumlah daerah lainnya di Garut.

(adh/ant)

Check Also

Presiden Menyakini Pariwisata Bali Akan Terus Berkibar

JELAJAH NUSA – Pesta Kesenian Bali (PKB) yang resmi dibuka  di Lapangan Renon, Denpasar, Bali, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id