Monday , July 16 2018
Home / Destinasi / Pertama Di Indonesia Wisatawan Naik RLT Palembang

Pertama Di Indonesia Wisatawan Naik RLT Palembang

Lintasan kereta Light Rail Trains yang menghubungkan Depo Jakabaring-Bandara Udara Sultan Mahmud Badarudin 2 Palembang ini siap digunakan saat Asean Games 2018 berlangsung, Agustus mendatang. Foto:IG

JELAJAH NUSA  – Boleh jadi wisatawan yang berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan adalah yang pertama bisa menikmati moda transportasi kereta Light Rail Trains di Indonesia. Kereta yang melaju”di udara” ini dipastikan sudah bisa beroperasi Juni 2018 mendatang, menyusul datangnya dua rangkaian kereta Light Rail Train Sumatera Selatan yang tiba di Pelabuhan “Boom Baru Palembang”, Rabu pagi (11/4/2018).

Sekretaris Daerah Pemprov Sumsel Nasrun Umar di Palembang  mengatakan kedatangan train set LRT itu sesuai dengan jadwal, sedangkan sisanya yakni enam train set akan tiba pada Juni 2018.

“Alhamdulillah train set sudah tiba. Ini menjadi momen berharga selama pembangunan LRT sejak pembangunan proyek November 2016. Rencananya, akan ‘di-launching’ train set ini sebelum dipasang,” kata dia.

Dari lintasan RLT wisatawan bisa menikmati keindahan Kota Palembang. Foto:IG

Ia mengemukakan bahwa peluncuran akan dilakukan pada 20 April yang dihadiri Menteri Perhubungan dan sejumlah dirjen lintas kementerian.

“Kami berharap pekerjaan LRT Sumsel ini tidak ada kendala lagi ke sehingga uji coba pada Juni dapat dilaksanakan,” kata dia.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel Nelson Firdaus mengatakan LRT merupakan moda transportasi massal pertama di Tanah Air. Kota Palembang mendapat kehormatan sebagai kota pertama di Indonesia yang bakal menggunakan moda transportasi terbaru itu.

“Sehingga, kami berpikir untuk membuat semacam acara seremonial sebagai penyambutan train set tersebut. Nantinya akan mengundang tokoh-tokoh penting yang telah berjasa menghadirkan LRT Sumsel di Palembang,” ujar dia.

Sebelumnya, rangkaianan kereta dijadwalkan tiba 13 April 2018. Namun karena ada pertimbangan beberapa persiapan teknis sehingga pengiriman gerbing kereta RLT baru bisa dilakukan sekarang.

Stasiun LRT RSUD Sumsel di Jalan Kol. H. Barlian. Foto:IG

Meski ada jeda waktu yang cukup panjang dari tibanya LRT sampai acara penyambutan, hal itu tidak akan menunda jadwal uji coba atau “conditioning trainset” LRT di jalur.

“Persiapan juga diperlukan untuk mengangkut trainset ke Depo Jakabaring. Kalaupun jeda waktunya panjang, tapi uji coba tetap sesuai dengan jadwal,” kata dia.

Ia mengatakan akan dilakukan pengondisian jalur dan kereta dari Depo Jakabaring hingga stasiun OPI Mall sepanjang kurang lebih tiga kilometer.

(adh)

Check Also

Fun Bike Gaungkan Asian Games 2018

JELAJAH NUSA- Hajat Nasional Asian Games 2018 Jakarta- palembang hanya tinggal menghitung hari. Kurang lebih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id