Friday , April 20 2018
Home / Lifestyle / Fashion / Batik Trenggalek Menangi “Fashion Show” Dekranasda

Batik Trenggalek Menangi “Fashion Show” Dekranasda

Ketua Dekranasda Jatim, Ibu Nina Soekarwo (tengah) saat melihat-lihat batik dalam acara ajang “fashion show” Gelar Kriya Dekranasda Jawa Timur di Antrium Mall Grand City, Surabaya yang berlangsung mulai Kamis (15/3) hingga Minggu (18/3). Foto:IG

JELAJAH NUSA –  Duta peraga busana asal Trenggalek tampil memukau dengan busana motif batik “Turanggo Yakso” berbahan pewarna alam sehingga menyabet juara harapan II dalam ajang “fashion show” Gelar Kriya Dekranasda Jawa Timur di Antrium Mall Grand City, Surabaya yang berlangsung mulai Kamis (15/3) hingga Minggu (18/3).

“Capaian ini tentu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Trenggalek. Sebab batik perwana alam khas Trenggalek diakui sebagai produk yang berkualitas dan mampu bersaing dengan produk batik daerah-daerah lain,” kata Plt Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin di Trenggalek, Jumat.

Menurut Arifin, batik khas Trenggalek sudah selaiknya menjadi salah satu ikon batik nasional.

Pelaksana tugas Bupati Trenggalek yang menggantikan Emil Elestianto Dardak yang sedang cuti tugas untuk mengikuti tahapan kampanye Pilkada Jatim itu memang sengaja datang langsung dalam acara fashion show Gelar Kriya Dekranasda Jatim 2018 tersebut.

Ia tak hanya duduk menonton bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo beserta istri, Nina Soekarwo.

Istri Arifin yang juga mantan model nasional, Novita Hardiny turut tampil dalam peragaan busana mengenakan pakaian berbahan batik motif pewarna alam asal daerahnya.

Novita ikut memperagakan kreasi desain batik khas Trenggalek bersama dengan Mbakyu Trenggalek, disaksikan istri Gubernur Jatim Nina Soekarwo, Ketua Dekranasda Jawa Timur serta dewan juri yang menilai ajang tersebut.

Di atas catwalk, busana rancangan salah satu desainer kondang Lia Afif, Novita tampil memukau.

Batik Turonggo Yakso yang merupakan batik dengan pewarna alam menjadi salah satu produk batik unggulan di Kabupaten Trenggalek yang diperagakan pada event tersebut.

Gelar Kriya Dekranasda Jawa Timur 2018 merupakan sarana promosi bagi produk kerajinan unggulan lokal Jawa Timur.

Melalui peragaan busana batik yang digelar pada kegiatan tersebut tentunya dapat lebih memperkenalkan hasil kerajinan maupun kreasi desain busana batik lokal, khususnya batik khas Kabupaten Trenggalek.

Gelar peragaan busana itu diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT ke-38 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), oleh Dekranasda Jatim.

Acara digelar mulai 15 hingga 18 Maret 2018 tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan dihadiri Plt. Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin, pada Opening Ceremony, Kamis (15/3).

(adh)

Check Also

Poltekpar Palembang Gelar Bimtek Kepariwisataan

JELAJAH NUSA –  Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang menggelar Bimbingan Teknis atau Bimtek Bidang Pariwisata yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id