Saturday , June 23 2018
Home / Destinasi / Jumlah Wisatawan Ke Palembang Melonjak 300 Persen

Jumlah Wisatawan Ke Palembang Melonjak 300 Persen

Penampilan Dulmuluk anak dari Sanggar Kreativitas Anak Bangsa pada perayaan Cap Go Meh di @kampoeng_kapitan,Palembang  dengan judul Legenda Pulau Cinta. Kesenian ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan datang ke Palembang. Foto:IG
.

JELAJAH NUSA – Jumlah wisatawan ke Palembang melonjak secara signifikan hingga 303,63 persen sepanjang 2017 karena dipengaruhi peran ibu kota Sumatera Selatan sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani di Palembang, Selasa (13/3/2018),mengatakan, capaian ini signifikan karena pada 2009 hanya terdapat 675.698 wisatawan ,sementara pada tahun 2017 mencapai 2.011.417 turis.

“Peningkatan ini tidak lepas dari upaya pemerintah yang terus merevitalisasi dan menambah destinasi wisata,” kata dia.

Ia mengatakan tercatat hingga saat ini terdapat 64 total destinasi wisata dengan 14 destinasi wisata utama yang terdiri dari wisata alam, wisata sejarah dan budaya serta wisata hasil buatan manusia.

Menurutnya dari penambahan destinasi wisata tersebut, dari tahun ke tahun wisatawan baik manca negara dan nusantara terus merangkak naik.

Berdasarkan data PHRI Sumsel, Kantor Imigrasi Kelas 2 Kota Palembang dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang selama sembilan tahun terakhir tercatat lonjakan wisatawan mencapai 303,63 secara keseluruhan.

Sementara untuk wisatawan nusantara melonjak menjadi 297,57 dan mancanegara 324,76 persen.

“Memang yang masih tinggi itu wisatawan nusantara dibanding mancanegara, di mana pada 2017 ada 2.001.567 wisatasan nusantara sedangkan manca negara hanya 9.850 pengunjung,” kata dia.

Isnaini menjelaskan, ke-14 destinasi wisata tersebut antara lain Alquran Akbar, Bukit Siguntang, BKB, Kampung Kapitan, Kampung Al Munawar, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya dan Pulau Kemaro. Kemudian ada Jakabaring Sport City, Taman Makam dan Monkey Forest Bagus Kuning, Museum SMB II, Kawah Tengkurep, Museum Bala Putra Dewa, Pedestrian Soedirman serta Lorong Basah Night Culinary Market.

Belum lagi, lanjut dia, beberapa destinasi wisata swafoto yang baru saja diresmikan seperti Sekanak Bersolek, Kampung Mural Gudang Boen Tjit, Ampera Skate Park, Kampung Musi Bercorak dan lain sebagainya.

“Kami optimistis serapan wisatawan pada 2018 ini mencapai 2,5 juta pengunjung. Kami yakin karena Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games dan juga didukung destinasi wisata yang mumpuni untuk memanjakan wisatawan,” kata dia.

Selain itu, ia menambahkan, untuk pemasaran destinasi wisata di Kota Palembang pihaknya bekerja sama dengan Asosiasi Travel Agen (ASITA), memanfaatkan media sosial, Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) serta menyediakan brosur dan peta lokasi destinasi wisata di hotel-hotel di Kota Palembang.

“Tentu kami manfaatkan media sosial yang lebih digandrungi masyarakat saat ini untuk mempromosikan semua destinasi wisata di Kota Palembang,” kata dia.

(adh/ant)

Check Also

Java Baloon Festival Berlangsung Meriah

JELAJAH NUSA – Gegap gempita menyelimuti langit Pekalongan,Jawa Tengah. Sebuah festival balon udara sedang digelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id