Friday , April 20 2018
Home / Destinasi / Dari Steak Domba Garut Sampai Domba Guling Australia

Dari Steak Domba Garut Sampai Domba Guling Australia

Domba Garut ini merupakan ikon Kabupaten Garut yang sudah sangat dikenal. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Sejak lama Garut memang sudah dikenal sampai ke penjuru dunia. Dalam sebuah Encyclopedie van Nederlands-Indie 1917 bahkan disebutkan bahwa Garut adalah salah satu tempat terindah di Jawa dengan iklim nyaman dan lingkungan yang sangat indah, tempat pesiar yang sangat disukai orang Batavia yang banyak datang di musim kemarau ketika itu.

Tak salah jika kemudin Garut terus bergeliat menjadi tujuan wisata favorit di Jawa Barat. Selain memiliki beraneka potensi tujuan wisata alam, Garut juga memiliki daya tarik budaya yang memikat.

Nah untuk membuktikannya Anda dapat menyaksikan perhelatan Gebyar Pesona Budaya Garut 2018. Ada berbagai ragam acara yang sangat menarik. Sebab pemerintah Kabupaten Garut tidak hanya menggelar festival budaya, tetapi juga banyak festival kuliner, dan beragam ajang seru lainnya.

Bagi pencinta kopi, jangan lewatkan festival kopi yang berisi kegiatan coffee cupping alias mencicipi kopi dan kompetisi meracik kopi bagi para barista.

Selain itu, ada festival tangkap ikan di sawah, festival makan nasi timbel, dan merangkai bunga dan buah.

Festival lain yang tidak kalah menarik yakni festival merakit traktor dan festival lagu pop Indonesia. Para seniman rambut asal Garut juga akan pulang kampung memeriahkan Hari Jadi Garut dengan menggelar festival cukur rambut gratis.

Salah satu acara yang berbeda adalah pemecahan rekor MURI sangkar burung terbesar. Selain itu, ada pemecahan rekor MURI pasanggiri silat bambu rucing yang akan ditampilkan oleh 700 pendekar silat.

Konsultan Kuliner yang juga Kabid Kafe dan Restoran DPC PHRI Kabupaten Garut, Hadi Hamdani menuturkan dalam HUT Garut yang akan turut dihadiri para  kedubes asing, akan dimeriahkan pula oleh festival yang mengangkat domba Garut, mulai dari domba catwalk, lomba ketangkasan domba, penampilan Raja Dogar, hingga festival kuliner domba.

“Ini kami maksudkan untuk mengangkat domba Garut agar lebih dikenal khalayak luas sebagai upaya mendorong domba asli Garut untuk Go Internasional. Dalam festival kulinernya, kita akan sediakan nasi goreng domba, sate domba, hingga domba guling,” katanya.

Hadi berharap Pemerintah Indonesia bisa mengangkat domba Garut untuk Go Internasional dengan turut memberdayakan kementerian di bawahnya.

“Coba bayangkan, ada steak domba Garut di Amerika, domba Garut guling di Australia, dan negara-negara lainnya,” ujarnya.

Menurut Hamdani ini  akan menjadi sebuah kebanggaan bagi kita semua. Untuk memulainya, masyarakat Garut harus berani menjual nama domba Garut itu sendiri.

“Misalnya menjual sate domba. Jangan ragu, toh domba Garut unggul dan terbaik sedunia,” tuturnya.

Berkenaan dengan HUT Garut, Hadi mengajak kepada seluruh warga Garut yang berada di luar kota untuk pulang ke Garut dan memeriahkan HUT Garut.

“Begitupun bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara, mari kita semarakkan HUT Garut dan nikmati beragam suguhan budaya, seni, dan kuliner khas Garut yang akan dipersembahkan dalam kemeriahan HUT Garut,” katanya.

Berikut rangkaian acara yang dapat Anda nikmati dalam Gebyar Pesona Budaya Garut 2018.

22 seni unggulan kab. Garut

10 seni unggulan kab/kota se jabar

7 seni unggulan provinsi se-Indonesia

Garut Creative  Expo 2018

Festival Dan Pentas Seni Budaya

Festival Ngagondang

Festival Tanam Padi

Festival Kopi

Festival Ngarajang Bako

Festival Tangkap Ikan Di Sawah

Festival Lagu Pop Indonesia

Festival Merakit Traktor

Festival Merangkai Bunga Dan Buah

Festival Olahan Pangan

Festival Makan Nasi Timbel

Festival Pangkas Rambut Gratis

Asah Terampil Kelompencapir

Lomba Photo Spot

Lomba Lukis

Pemecahan Rekor Indonesia

Sangkar burung terbesar

Pasanggiri silat bambu runcing (700 pendekar silat, 29 paguron)

(adh)

Check Also

Poltekpar Palembang Gelar Bimtek Kepariwisataan

JELAJAH NUSA –  Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang menggelar Bimbingan Teknis atau Bimtek Bidang Pariwisata yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id