Sunday , June 24 2018
Home / Destinasi / Awas, Gunung Sinabung Meletus

Awas, Gunung Sinabung Meletus

Gunung Sinabung saat mengeluarkan erupsi pada Agustus 2017 lalu. Foto diambil dari Paninjauan. Foto:Jelajah Nusa/adhi

JELAJAH NUSA – Ini warning bagi wisatawan yang sedang berada di sekitar kawasan Gunung Sinabung,Kabupaten Karo,Sumatera Utara (Sumut). Sekitar pukul 08.65 WIB,Senin (19/2/2018), telah terjadi erupsi cukup besar disertai gemuruh.

“Iya, terjadi erupsi pukul 08.56 WIB. Erupsi besar disertai suara gemuruh. Kolom abu (erupsi) 5 kilometer,” kata Petugas Pos Pengamat Gunung Sinabung, Umar Rosadi saat dikonfirmasi. Warga diminta waspada dengan erupsi cukup besar itu.

Kawasan disekitar Gunung Sinabung dikenal cukup subur sehingga banyak warga yang enggan meninggalkan zona berbahaya ini. Foto:Adhi

Umar  mengatakan awan panas guguran juga terjadi saat erupsi. Awan panas itu mengarah ke Selatan dan Timur-Tenggara.

“Awan panas secara bersamaan. Awan panas ke Selatan sejauh 4,9 kilometer dan Timur-Tenggara 3,5 kilometer,” sambung Umar.

Dengan erupsi yang cukup besar ini, dikhawatirkan wilayah Kabanjahe dan Berastagi terjadi hujan abu. Masyarakat diminta untuk senantiasa memakai masker.

Salah satu alat transportasi mini bus yang bisa menjangkau objek wisata Gunung Sinabung. Foto:Adhi

“Cuaca pagi ini cerah, angin cukup tenang. Dikhawatirkan Kabanjahe dan Berastagi hujan abu. Imbauan kami, hindari zona merah, (masyarakat) selalu pakai masker jika terdampak. Masyarakat agar tetap waspada,” ujar Umar.

Sementara itu, Petugas Pos Pengamat Gunung Sinabung lainnya, Armen, menjelaskan erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 5 kilometer ini merupakan yang terbesar sepanjang 2018.

Saat tenang wisatawan bisa menikmati puncak Gunung Sinabung dari area yang cukup dekat. Foto:Adhi

“Ini (erupsi) yang terbesar di Tahun 2018. Aktifitas Gunung Sinabung cukup tinggi. Statusnya (Gunung Sinabung) masih awas,” katanya.

Gunung Sinabung adalah satu gunung berapi yang berbahaya. Gunung ini memiliki karakter yang sulit diprediksi, kapan akan memuntahkan lahar.

(adh)

Check Also

Tradisi Lomban Jepara Melarung Kepala Kerbau Ke Laut

JELAJAH NUSA – Meski terjadi penurunan kunjungan wisatawan dalam perayaan tradisi Lomban di Pulau Panjang, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id