Sunday , June 24 2018
Home / Destinasi / Liburan Di Pantai Sepanjang Yuuk…

Liburan Di Pantai Sepanjang Yuuk…

    Seorang anak terlihat melompat ceria saat bermain di tepi Pantai Sepanjang. Kawasan ini memang dinobatkan sebagai pantai ramah anak.Foto:IG

JELAJAH NUSA – Libur panjang bersamaan dengan Perayaan Imlek akan lebih asyik berkumpul dengan keluarga di tepi pantai.

Nah,  Pantai Sepanjang di Gunungkidul ini bisa jadi pilihan karena ramah anak.

Pantai yang berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini memang ditetapkan sebagai pantai ramah anak yang dirintis Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Sepanjang sejak 2016 lalu.

Koordinator Pokdarwis Pantai Sepanjang, Sutono menjelaskan, konsep pantai ramah anak yang pihaknya kembangkan yakni dengan menjamin keselamatan anak yang liburan di pantai ini.

Caranya dengan menempatkan relawan di sejumlah titik untuk mengawasi anak-anak.

“Sebenarnya Pantai Sepanjang ditetapkan sebagai pantai ramah anak setelah sebelumnya Desa Kemadang ditetapkan sebagai desa ramah anak,” kata Sutono saat dihubungi wartawan, Kamis (15/2/2018).

Sutono mengatakan, setidaknya ada 20-an relawan dari pokdarwis dan karang taruna Desa Kemadang yang siap menyebar di Pantai Sepanjang. Para relawan ini selain ditugaskan memantau anak-anak yang berlibur, juga untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan yang datang.

“Tugas para relawan tersebut yakni memberikan pelayanan ke pengunjung pantai, dengan mengawasi wisatawan yang membawa anak-anak. Karena terkadang para orangtua lupa mengawasi anaknya saat mereka asyik bermain air,” paparnya.

Tidak sekedar mengawasi anak-anak, kata Sutono, pihaknya juga menyediakan permainan tradisional yang bisa dimainkan anak-anak di Pantai Sepanjang. Permainan tradisional tersebut berupa egrang dari bambu dan egrang dari batok kelapa.

“Fasilitas permainan tradisional ini gratis (dipakai anak-anak-red), tidak ada tambahan biaya. Tujuan kami selain untuk membuat nyaman anak-anak juga untuk mengenalkan permainan tradisional ke anak-anak yang liburan ke sini,” sebutnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono menambahkan, pihaknya mengapresiasi upaya pokdarwis yang berupaya menjadikan Pantai Sepanjang ramah anak.

Dia berharap upaya yang dilakukan Pokdarwis Pantai Sepanjang ditiru pokdarwis lainnya.

Paling tidak memberikan wahana yang sehat kepada anak-anak untuk bisa menikmati pantai dengan nyaman.

(Adh)

 

Check Also

Tradisi Lomban Jepara Melarung Kepala Kerbau Ke Laut

JELAJAH NUSA – Meski terjadi penurunan kunjungan wisatawan dalam perayaan tradisi Lomban di Pulau Panjang, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bankbjb.co.id