Monday , May 28 2018
Home / Destinasi / Babel Siapkan Laga MXGP 2018 Lebih Sempurna

Babel Siapkan Laga MXGP 2018 Lebih Sempurna

Sejumlah crosser memacu motocross-nya dalam kejuaraan dunia kelas MX2 di sirkuit GOR Sahabudin Pangkalpinang, Bangka Belitung, tahun lalu (2017). Foto:ant.

JELAJAH NUSA – Persiapan terus dilakukan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai tuan rumah event Motorcross Grand Prix World Championship (MXGP) Juni 2018 mendatang.

Dalam rapat awal persiapan MXGP 2018, yang digelar di ruang rapat Romodong Provinsi kepulauan Bangka Belitung,diputuskan GOR Sahabudin masih menjadi lokasi untuk pelaksanaan MXGP.

Sekda babel, Yan Megawandi saat memimpin rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Babel menegaskan pelaksanaan MXGP tahun 2018 harus lebih baik dari tahun sebelumnya karena event bergengsi ini, sudah yang kedua kali digelar.

“Kemungkinan besar kita akan gunakan lokasi yang sama melihat daya dukung GOR Sahabudin cukup bagus dan menjadi center kegiatan di MXG. Tapi persiapan lebih perlu dimatangkan,” kata mantan wartawan grup Kompas ini menjelaskan.

Yan pun meminta persiapan harus dilakukan dengan matang, sebab event skala internasional ini akan menjadi perhatian dunia dan pecinta otomotif.

“Kemarin itu ada plus minus. Minusnya desain sirkuit dan curah hujan yang tinggi sehingga ada perlombaan yang dihentikan. Sisi positif venue 2017 kita memiliki GOR Paddock untuk basis kepada layanan kepada pembalap dan penonton, ketersediaan air bersih, listrik, telekomunikasi ini harus disuport,” ucapnya.

Sekretaris Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Babel Yan Megawandi saat memimpin rapat persiapan event MXGP 2018. Foto:Dok

Sementara itu,Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman mendukung penuh pelaksanaan event internasional ini. Ia  sendiri manargatken sidikitnya 1.500 wisatawan mancanegera akan datang ke daerah itu untuk menyaksikan secara langsung gelaran ajang motocross level dunia MXGP 2018.

“Target kita sedikitnya 1.500 orang wisman akan datang menonton MXGP yang akan digelar di Pangkalpinang pada April mendatang,” ujar Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman melalui pesan Whatsapp dari Monako, Sabtu (3/2).

Untuk menghadapi kedatangan wisman tersebut, Erzaldi sudah meminta seluruh instansi terkait menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

“Kita juga akan mendata sejauhmana kesanggupan hotel-hotel kita menampung tamu-tamu itu nantinya. Jika dalam pendataan nanti masih dibutuhkan kamar ataupun fasilitas penginapan lainnya, Pemprov Babel akan menyiapkan homestay di beberapa kabupaten di Babel,” ujarnya.

Maskapai Sriwijaya Air turut berpartisipasi dalam menyuksesakan event MXGP 2018 babel. Foto:IG

Erzaldi juga menyatakan harapannya seluruh kabupaten di Pulau Bangka menyiapkan homestay, agar para wisatawan yang datang tidak saja hanya menonton MXGP tetapi juga mengunjungi objrek-objek wisata sesuai keinginan mereka.

Jika wisatawan tertarik dengaan wisatawa sejarah, mereka dapat diarahkan ke Kabupaten Bangka Barat atau jika tertarik dengan agronomi bisa disarabkan untuk datang ke Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka Selatan.

“Intinya kita akan mendata kemungkinan homestay di Pulau Bangka ini,” katanya.

Untuk menyukseskan gelaran MXGP itu juga Gubernur Erzaldi bersama Forkominda Babel berkunjung ke Monako. Kedataangan gubernur bserta rombongan guna menghadiri penandatanganan kontrak penyelengaraan MXGP 2018 antara IMI dan EO dengan Youtstream selaku pemilik lisensi MXGP di Monako pada Jumat (2/2).

Rapat Koordinasi persiapan even MXGP 2018. Foto:IG

Pertemuan itu sendiri, menurut gubernur, tidak hanya sebatas memastikan waktu dan tempat pelaksanaan MXGP, namun juga berkoordinasi terkait akomodasi dan transportasi bagi para peserta dan kru yang nantinya datang ke Babel.

“Kita juga koordinasikan tentang pesawat angkut material, apakah nanti bisa langsung ke Pangkalpinang tanpa melewati Jakarta. Nanti kita juga akan lihat, selama kapasitas bandara oke, kita akan segera berkoordinasi dengan Bea Cukai dan Imigrasi dan PT Angkasa Pura. Sebab nanti pesawatnya akan grounded selama sembilan hari. Artinya tidak akan pakai roro lagi,” jelas Erzaldi.

Untuk menindaklanjuti pertemuan gubernur dan Forkominda di Monako tersebut, rencananya akhir Februari 2018 Tim Youtstream akan datang ke Pangkalpinang untuk mempersiapkan semua fasilitas pendukung MXGP.

“Untuk persiapan dan lainnya Insya Allah pekan ke tiga bulan Februari ini akan ada rapat pertama panitia. Kita berharap ajang internasional seperti MXGP ini bisa memberikan kebaikan bagi masyarakat Babel, disamping sebagai ajang promosi wisata juga dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk-produk UMKM di Babel,” katanya.

(adh)

Check Also

PHRI Papua: Okupansi Turun Saat Ramadhan

JELAJAH NUSA – Pengurus Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Papua mengungkapkan tingkat hunian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id