Thursday , February 22 2018
Home / Destinasi / Cukup Bersepeda Bisa Jelajahi Kota Bandung

Cukup Bersepeda Bisa Jelajahi Kota Bandung

Sepeda-sepeda ini disiapkan bagi wisatawan yang ingin mengitari Kota Bandung. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Ingin mencoba sensasi baru berlibur di Kota Bandung? Nah kali ini ada inovasi anyar yang telah hadir diibukota Jawa Barat itu. Para wisatawan bisa menggunakan sepeda ketika berniat menyusuri setiap sudut Kota Kembang saat mengisi akhir pekan.

Bagaimana caranya? Mudah, tinggal mengunduh sebuah aplikasi bernama oBike di playstore atau appstore. Setelah membuka aplikasi tersebut anda bisa mencari lokasi penyedia unit sepeda terdekat yang sejauh ini masih berada dibeberapa hotel yang telah bekerjasama dengan pemerintah setempat.

Hampir sama seperti bike sharing program yang telah ada lebih dulu di daerah yang dikenal Paris van Java, oBike pun bisa digunakan dan disimpan dengan sangat mudah.

Namun perbedaannya bila bike sharing ada rak khusus dan saat akan menggunakannya harus dengan smartcard kalau obike ini tidak.

Sistem penguncian teknologi dari Singapura ini langsung ditanam di sepeda. Pengguna cukup menempelkan kode QR yang ada di smartphone ke bagian perangkat pembaca di sepeda.

Pengguna juga tinggal mengisi saldo elektronik di aplikasi, melalui layanan kartu debit, ATM, atau kartu kredit.

Saat berbincang dengan penulis, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan hadirnya oBike yang diluncurkan akhir tahun lalu untuk mewujudkan transportasi lebih nyaman.

Kini sudah tersedia aplikasi penyewaan sepeda di Kota Bandung. Foto:IG

Ini juga langkah menyelesaian kemacetan, degradasi lingkungan salah satunya dari kendaraan bermotor.

“Obike ini ada dan disiapkan pemerintah setempat tiada lain untuk menumbuhkan budaya bersepeda di masyarakat tentunya dengan pendekatan wisata. Apaalgi Bandung selalu menjadi pilihan wisatawan dan kerap kali disergap kepadatan saat libur tiba,” ungkap Didi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sekitar 650 unit sepeda saat telah ditempatkan di sejumlah hotel yang ada di Kota Bandung untuk menyuskeskan program ini dengan rincian masing masing menyiapkan 10 sepeda.

Kendaraan ramah lingkungan itu pun sudah siap dipergunakan wisatawan.

Kehadiran oBike ini juga menempatkan Kota Bandung sebagai daerah pertama di Indonesia yang mulai mencoba memanfaatkan teknologi terbaru dibidang transportasi sebagai sarana publik.

Selain itu, memberikan pilihan bagi para wisatawan yang hendak berlibur agar dapat merasakan suasana baru.

(Dil)

Check Also

Kemenpar Launching Festival Keraton dan Masyarakat Adat

JELAJAH NUSA – Kementerian Pariwisata mendukung Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) yang akan menyelenggarakan  Even …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id