Sunday , April 22 2018
Home / Destinasi / Menjajal Nyali Di Sungai Ciwidey

Menjajal Nyali Di Sungai Ciwidey

Kondisi Sungai Ciwidey di Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini kini mulai dilirik wisatawan. Foto : Dila


JELAJAH NUSA – Sebagian besar masyarakat pasti sudah tidak asing lagi dengan olah raga arum jeram atau rafting.

Saat ini olahraga yang memanfaatkan aliran sungai sebagai wahana refreshing itu lambat laun semakin digemari hampir semua kalangan.

Terlebih sebagai sarana olahraga, arum jeram sangat cocok untuk berbagai kegiatan di alam terbuka.

Salah satunya menjadi pilihan saat hendak melakukan gathering baik itu bagi para komunitas maupun sekedar acara keluarga saat akhir pekan.

Sungai Ciwidey yang terletak di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, merupakan salah satu tempat yang dapat menjadi pilihan untuk menguji adrenalin itu.

Kondisi airnya yang bersih serta arusnya yang cukup deras membuat para pecinta rafting banyak yang ingin menaklukan aliran sungai yang bermuara menuju sungai citarum itu.

Apalagi Citarum seperti kita ketahui merupakan sungai terpanjang di tanah Pasundan.

Untuk biaya paket arum jeram bagi pengunjung yang berniat menjajal Sungai Ciwidey dapat memilih beberapa paket.

Untuk short trip sepanjang 5 km biaya yang harus dikeluarkan Rp185.000 per orang, untuk medium trip sejauh 10 km Rp285.000 per orang, sementara untuk long trip 18 km dipatok Rp400.000 per orang.

Koordinator arum jeram Bale Bambu Deni Jerman mengatakan, untuk grade satu (short trip) dan dua (medium trip) cocok buat hiburan keluarga, karena tidak terlalu sulit.

Sementara kalau sudah diatas grade tiga memang untuk petualangan.

Untuk Bandung selatan sendiri, ada tiga sungai yang biasa digunakan untuk aktifitas rafting, seperti sungai palayangan, sungai Cisangkuy dan disini sungai Ciwidey,” katanya.

Dia menambahkan, sungai Ciwidey mulai dibuka sebagai lokasi rafting sejak tahun 2007. Sungai ini memiliki kelebihan karena mempunyai dam (kolam besar) ukuran tiga meter serta berbentuk vertical.

Sementara ditempat lain cenderung memiliki dam kecil dan berbentuk horizontal. Nah bila bila para pecinta rafting ingin menguji adrenalin bisa disini karena memang memiliki tantangan tersendiri,” ungkapnya.

Salah seorang pengunjung Adi Riyanto, 30, mengaku sangat puas dengan tantangan yang disuguhkan dilokasi tersebut.

Menurutnya, salah satu aliran sungai yang berada di Kabupaten Bandung memberikan sensasi berbeda dibandingkan dengan daerah lain.

“Selain airnya yang bersih, jalurnya pun cukup variatif. Luar biasa sungainya. Saya puas walaupun hanya mencoba jalur yang 5 km. Jalurnya tidak membosankan,” katanya.

Selain menjajal nyali di aliran sungai, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan pegunungan serta hamparan persawahan yang masih asri dilokasi tersebut.

Tak heran dengan nilai tambah itu rata-rata perbulannya lebih dari 100 pengunjung datang untuk menaklukan Sungai Ciwidey. 

(DIL)

Check Also

Wisatawan Dunia Lebih Tertarik Pariwisata Hijau

JELAJAH NUSA – Sebuah penelitian yang dilakukan Booking.com menyebutkan bahwa pariwisata hijau alias pariwisata berbasis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id