Friday , May 25 2018
Home / Destinasi / Tahun 2018 Bali Ingin Capai 5 Juta Lebih Wisatawan

Tahun 2018 Bali Ingin Capai 5 Juta Lebih Wisatawan

Seorang wisatawan mancanegara melakukan joging di Pantai Kuta,Bali. Pemerintah setempat saat ini sedang menggenjot kunjungan wisatawan. Foto:Jelajah Nusa/Adhi

JELAJAH NUSA – Bali masih menaruh harapan besar kunjungan wisata di kawasan ini akan kembali menggeliat. Paling tidak melebih catatan pada tahun 2017.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Anak Agung Yuniartha Putra mengatakan total wisatawan yang berkunjung ke Bali sepanjang tahun 2017 sebanyak 5,8 juta.

Menurutnya, angka ini naik antara 15 – 16 persen dibandingkan tahun 2016 dan didominasi oleh wisatawan mancanegara (wisman) asal China.

“Peningkatan dari tahun ke tahun cukup luar biasa, banyak yang datang ke Bali terutama China,” kata Yuniartha saat ditemui di Kuta, Rabu (3/1/2018).

Berdasarkan data resmi Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, lima negara dengan tingkat kunjungan wisman paling tinggi adalah Cina sebanyak 23 persen, Australia 20 persen, India 5,58 persen. Kemudian, disusul Ingris dan Jepang masing-masing 4,11 dan 3, 82 persen.

Adat dan budaya Bali menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Bali. Foto:Jelajah Nusa/Adhi

Yuniartha mengatakan terjadi perlambatan pertumbuhan kunjungan di akhir tahun 2017 akibat erupsi Gunung Agung. Apalagi sejumlah negara menerbitkan travel warning.

Ia menyebut pengaruh paling siginifikan terjadi pada wisatawan asal China. Menurutnya, wisman asal asal China memiliki karakter tersendiri saat berwisata.

“Kalau wisatawan China itu mereka patuh benar pada pemerintahnya, kalau dilarang mereka taat, beda dengan wisatawan Austalia,” katanya.

Untuk awal tahun 2018, pihak Yuniartha mencatat kunjungan wisman asal China baru mencapai 60 persen dari biasanya.

Oleh karena itu pihaknya akan terus melakukan promosi, terutama ke negara-negara dengan pangsa pasar wisatawan yang cukup besar.

“Saya juga minta pada stakeholder pariwisata agar memperhatikan destinasi di kabupaten kota masing-masing,” kata Yuniartha.

(adh)

Check Also

Aher Berharap Penerbangan Husein Segera Pindah Ke BIJB

JELAJAH NUSA – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berharap seluruh penerbangan komersil di Bandara Husein …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id