Thursday , January 18 2018
Home / Services / Culinary / Mencicipi Sate Blengong Brebes

Mencicipi Sate Blengong Brebes

Kekhasan kuliner di Brebes, Malang adalah Sate Blengo ng. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Jalan-jalan ke Kota Brebes,Jawa Tengah  jangan lupa mencicipi Sate Blengong. Kuliner yang tersaji dari daging  blengong tidak saja favorit warga setempat, namun kini menjadi incaran para wisatawan,termasuk pejabat yang sedang bertugas.

Dari bentuk fisiknya, sate blengong secara umum hampir sama dengan sate lainnya. Hanya saja, sate ini mempunyai ukuran yang lebih panjang dari sate umumnya. Daging yang dipakai pun khusus, yaitu blengong, perpaduan antara bebek dan mentok.

Rasa sate blengong pun terasa sangat khas. Perpaduan dua daging antara bebek dan mentok menjadi sensasi tersendiri.

Daging blengong mirip bebek yang memiliki serat, namun daging terasa lebih lembut saat dikunyah.

Adalah warung  sate  Blengong  Bu Mulyana yang sudah lama dikenal. Olahan sate blengong ini rupanya sudah menjadi resep turun temurun bagi Bu Mulyana. Sudah 37 tahun warung sederhana menyajikan sate blengong tiap hari.

Olahan sate dari kedai ini terasa menggiurkan di lidah. Warna dan tekstur sate begitu menggoda. Sate dari bu Mulyana biasanya disajikan menggunakan lontong, lalu diberi kuah dan potongan kerupuk.

Kepopuleran sate blengong itu yang membuat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono dan Pangdam Diponegoro Mayjen Wuryanto, belum lama ini, tak kuasa untuk  mampir di kedai yang berada tepat di alun-akun Kabupaten Brebes ini.

Mereka pun menyantap sate olahan Bu Mulyana dengan lahap.

“Rasanya maknyus tenan. Ini sangat enak dan habis banyak saya tadi,” kata Ganjar.

Bahkan, menurut pria 49 tahun ini, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri sampai ketagihan dengan sate itu. Maka, beberapa kali sate khas Brebes itu dikirim ke Jakarta.

“Bu Megawati saja ketagihan ketika disuguhkan makanan ini, bahkan ini dikirim ke beliau,” tambahnya.

Untuk satu porsi sate blengong, harga juga relatif terjangkau. Untuk satu porsi nasi/lontong, kuah dan satu tusuk sate dihargai Rp 14.000. Jika ditambah 2 sate harganya menjadi Rp 21.000. Murah, bukan?

“Jadi satu tusuk sate blengong ini harganya Rp 7.000,” ujar bu Mulyana.

Nah, kebetulan berkunjung ke Brebes, sempatkanlah cicipi kuliner khas itu, selain nanti di sepanjang jalan dapat memborong oleh-oleh berupa bawang merah dan telur asin berbagai olahan.

(adh)

Check Also

Malam Indah Di Paralayang Majalengka

JELAJAH NUSA – Kabupaten Majalengka,Jawa Barat kini benar-benar siap memanjakan wisatawan yang datang ke Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id