Saturday , December 16 2017
Home / Destinasi / Enaknya Mangga Pisang Dikupas Pakai Tangan

Enaknya Mangga Pisang Dikupas Pakai Tangan

 

Mangga Pisang asal Rembang ini rasanya cukup segar. Foto:IG

JELAJAH NUSA – Umumnya makan mangga itu dikupas terlebih dahulu menggunakan pisau. Tapi bagaimana jika makannya seperti buah pisang. Ini Cuma ada di Rembang,Jawa Tengah.

Nah, klaster mangga di Rembang baru-baru ini mulai mengembangkan budi daya buah mangga pisang. Dinamai mangga pisang, karena cara memakannya sama seperti buah pisang.

Secara fisik, mangga pisang memiliki ukuran dan bentuk yang tak jauh berbeda dari mangga gadung ataupun varietas mangga lainnya.

Hanya saja, warna dari mangga ini lebih kekuning-kuningan dan memiliki aroma yang cukup menyengat.

Dagingnya berserat, empuk dan ketika digigit akan memberikan sensasi basah pada mulut. Rasa dari mangga jenis ini juga cukup unik. Percampuran rasa antara manis, asam, dan sedikit rasa asin.

“Rasanya bisa dibilang ini gado-gado, karena ini manis, juga ada sensasi asamnya, kalau dirasakan betul juga ada sedikit rasa asinnya. Yang jelas ini lebih segar kalau dibanding dengan mangga lainnya dan tidak bikin mblenger,” ujar Abdul Wakhid, Ketua klaster mangga Rembang.

Abdul Wakhid mengaku, sejumlah petani mangga di Rembang sudah mulai mengembangkan mangga pisang tersebut.

Dengan perkenalan jenis mangga baru ini diharapkan bisa menarik wisatawan dan meningkatkan minat masyarakat terhadap mangga.

“Kita sebagai petani harus kreatif menyiasati kondisi saat ini. Kita beri perlakuan khusus terhadap pohonnya, pupuknya juga kita perhatikan betul. Dan hasilnya ini mangga bisa dikupas langsung pakai tangan dari atas, seperti pisang,” tuturnya.

Perkebunan mangga pisang ini dapat ditemui di Kecamatan Kragan, Rembang. Tak hanya mangga pisang, di kebun para petani juga memproduksi mangga alpukat yang sudah terlebih dahulu ditemukan.

Mangga pisang, dijual di kebun seharga Rp 7ribu sampai Rp 10 ribu perkilogramnya. Jika sudah sampai pasar, harganya bisa tembus puluhan ribu per kilogramnya.

“Sebenarnya kan lebih dulu kita mangga alpukatnya, hanya saja belum sampai promosi. Dan ini kita muncul varian baru yaitu mangga pisang dan sudah mulai dijual ke pasar luar daerah,” harapnya.

Kalau Anda ingin merasakan sensasi makan mangga Rembang seperti pisang, bisa datang ke Rembang.

(adh/dtk)

Check Also

Wi-Fi Di Area Destinasi Wisata Diperbanyak

JELAJAH NUSA – Ingin liburan tapi takut gak mendapat sinyal. Janganb khawatir,Telkomsel di tahun 2018 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id