Saturday , December 16 2017
Home / Services / Culinary / Begini Cara Bikin Rica-rica Kambing Pedas

Begini Cara Bikin Rica-rica Kambing Pedas

Rica-rica Kambing Pedas. Foto:Dok

JELAJAH NUSA – Pengen makan rica-rica kambing tak harus pergi ke restauran. Sobat Jenus bisa bikin sendiri di rumah. Cara membuatnya juga relatif mudah.

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah 500 gram daging kambing bagian paha yang sudah dipotong-potong, 2 liter air, 3 cm jahe yang dimemarkan, 1 batang serai yang dimemarkan, 5 lembar daun jeruk, 1 sdm air asam jawa, 2 sdm kecap manis, 1 sdt gula pasir, bawang goreng secukupnya dan 5 sdm minyak untuk menumis.

Sementara untuk bumbu halusnya, Sobat Jenus perlu menyiapkan 20 buah cabai merah keriting, 8 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 2 cm jahe, 2 cm kunyit, 2 sdt garam dan 1/2 sdt terasi.

Haluskan semua bahan-bahan tersebut dengan di-blender ataupun diuleg.

Cara memasaknya cukup tidak terlalu sulit. Pertama-tama rebus daging kambing yang sudah dipotong-potong dengan 2 liter air, jahe, dan 2 lembar daun salam lalu tunggu hingga daging menjadi lunak.

Setelah dirasa lunak, angkat lalu kemudian potong kembali menjadi ukuran yang lebih kecil atau sesuai selera. Setelah itu sisihkan.

Setelah itu, tumis bumbu yang telah dihaluskan, lalu masukkan serai dan daun jeruk lalu tunggu hingga harum. Kemudian masukkan ari asam, kecam manis dan juga gula pasir.

Selanjutnya, masukkan daging kambing dan masak hingga bumbu meresap. Tambahkan 500 ml air, lalu biarkan sampai mengental dan daging menjadi lembut.

Setelah matang, angkat lalu tuangkan ke atas piring saji. Tambahkan taburan bawang goreng agar semakin lezat.

Sajikan rica rica kambing ini dengan sepiring nasi hangat. Nah, sekarang tinggal siap dihidangkan.

(adh)

Check Also

Pagi Ini BPC ICA Kabupaten Bandung Dikukuhkan

JELAJAH NUSA – Badan Pengurus Daerah Indonesian Chef Association (BPD ICA) Provinsi Jawa Barat pagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bankbjb.co.id